Tips Belanja Online Aman, Sehat & Agar Tidak Tertipu


Tips Belanja Online Aman, Sehat & Agar Tidak Tertipu - Hello 3xploi7er, pada kesempatan kali ini kami akan berbagi sebuah tips agar saat Anda belanja online menjadi aman dan tidak mudah tertipu. Menjelang lebaran seperti ini memang banyak sekali orang orang yang gunakan duitnya untuk membeli barang-barang di saat bulan Ramadhan. Hal ini didukung juga oleh tunjangan hari raya pekerja dan cuti.

Belanja online yang mempunyai beberapa kelebihan dari bandingkan dengan belanja konvensional diantaranya anda tidak perlu capek-capek mengantri atau datang ke sebuah toko atau pasar anda hanya perlu duduk manis di depan komputer lalu memilih barang-barang ingin anda beli.

Biasanya menjelang lebaran banyak e-commerce di indonesia yang menawarkan kode promo nah kode promosi lah yang biasanya memikat parah pelanggan untuk membeli sebuah produk, siapa yang tidak tergiur akan hal ini ? Diskon dan kode promo ini membuat para pembeli tidak bisa mengontrol apa yang ingin dibelinya dan tidak bisa membedakan mana yang keinginan dan mana kebutuhan.

Diantara diskon dan kode promo ini ternyata juga diskon bohong-bohongan. Bagaimana cara kita untuk belanja online aman dan agar tidak mudah tertipu menjelang hari raya :

1. Bandingkan Harga 
Untuk membeli sebuah barang dengan anda tidak usah terburu-buru pada satu pasar saja tetapi bisa melihat pasar lain maksudnya adalah harusnya Anda bisa membandingkan harga e-commerce dengan e-commerce 2. Mungkin saja e-commerce yang lain mempunyai harga yang lebih murah dengan kualitas yang sama bagusnya.

Untuk membandingkan harga Anda bisa menggunakan website berikut ini pricebook.co.id // priceza.co.id // pricearea.co.id

2. Pastikan Barang anda ASLI bukan KW 
Jangan tergiur dengan harga yang murah tetapi kualitas nya adalah KW. Ada harga ada barang jadi kalau harganya murah itu biasanya tidak tahan lama dan tidak sebagus dengan barang yang asli.

3. Cari potongan harga tambahan 
Untuk mendapatkan potongan harga tambahan atau testing Anda bisa berbelanja Via shopback.co.id sistem kerja ShopBack itu menarik 300 toko online di Indonesia kemudian mengumpulkan daftar promo yang ada di antara toko online tersebut.

4. Cari kode-kode promo 
Biasanya menjelang lebaran ini yang sudah disebutkan diatas banyak sekali di kamar atau toko online Indonesia yang memberikan kode promo baik besar ataupun kecil yang tergantung dari toko online tersebut.

Untuk menemukan kode-kode biasanya para toko online akan mengiklankan kode promo nya melalui televisi, YouTube dan iklan digital lainnya. Jadi sangat mudah sekali untuk menemukan kode promo ini.

5. Cek ulang orderan anda 
Setelah barang masuk ke dalam keranjang belanja anda maka sebelum melakukan proses pembayaran sebaiknya melakukan pengecekan kembali apakah barang yang anda whitelist telah sesuai dengan apa yang anda harapkan jangan sampai nantinya akan kecewa di kemudian.

6. Minta Packing yang Rapih dan Kokoh 
Jangan lupa untuk meminta kepada seller untuk memegang barang anda secara rapih dan kokoh apalagi jika barang yang anda pesan adalah barang elektronik yang notabenenya mudah rusak. Maka dari itu Anda bisa menyarankan agar dilapisi dengan Bubble wrap atau di packing dengan kayu dan untuk barang berharga anda bisa kasih asuransi saat pengirimannya.

7. Pilih  Jasa Ekspedisi yang Tepat 
Untuk memilih jasa ekspedisi pilihlah jasa ekspedisi yang terjangkau dan rumah Anda dan yang bekerja secara handal. Untuk saat ini memang yang paling luas jaringannya adalah Pos indonesia, jNE dan tiki. Atau jika rumah Anda dekat maka bisa gunakan go send.

(optional) Ada sedikit tips yang agak bahaya tapi berguna :
Mau ongkir murah ? Carilah desa atau kelurahan di sekitar Anda yang harganya lebih murah tetapi masih dalam satu kota. Tulis alamat Anda asli tapi ada ganti kelurahannya dengan kelurahan yang lebih merata disebut,

Dan biasanya nanti Saat pengiriman Anda bakal ditelepon oleh pengirim dan bilang saja "salah nulis" tapi ada beberapa resikonya yaitu kemungkinan anda mengambil barang anda sendiri atau membayar denda sedikit.

8. Lakukan Pembayaran sesuai yang Anda punya. 
Belanja online sepertinya enakan pakai kartu debit atau virtual account karena prosesnya otomatis dan cepat. Usahakan menggunakan transfer antar bank karena akan mendapatkan charge Rp6.500 yang lumayan untuk membeli gorengan. Dan ada beberapa toko online yang bisa membayar melalui Indomaret, alfamaret, Pos Indonesia dll yang bisa jadi solusi untuk Anda yang belum mempunyai ATM.

9. Track barang secara berkala 
Jika orderan sudah dalam perjalanan Diharapkan anda untuk mentracking barang anda secara berkala orang yang ditakutkan terjadi hal yang tidak-tidak.

10. Jangan habiskan uang anda Seluruhnya
Belanja online Sebaiknya anda tidak mudah terbutakan begitu saja oleh diskon yang ada di depan mata. Anda harus jeli melihat mana keinginan dan kebutuhan jangan sampai uang anda habis semua karena belanja.

+ Bonus : Terima barangnya, jangan lupa kasih tip ke kurirnya.
Ini merupakan pilihan yang opsional bagi anda setelah barang sampai dengan selamat yang dikirim oleh kurir. Jangan lupa ngasih tips ke kurir nya, Goceng pun tidak masalah. Karena berbagi itu indah.

Demikianlah 10 tips berbelanja online yang aman sesuai dengan kebutuhan. Semoga dengan adanya tips ini bisa membantu anda dan menambah wawasan anda tentang  belanja online. Terimkasih
• Request Artikel / Lapor link rusak = here
• Join Grup Facebook = here
• Di Rekomendasikan Menggunakan Google Chrome
Previous
Next Post »
Thanks for your comment