Langkah Awal Untuk Bisnis Online ( AMPUH )


Mau jualan online bingung harus mulai darimana? - Mungkin Anda punya mimpi untuk keluar dari rutinitas Anda yang sibuknya tiada henti dengan memulai bisnis online Anda.
Bangun jam 10 pagi, bekerja dengan baju tidur Anda, liburan panjang di akhir pekan kapanpun Anda inginkan, dan tidak perlu angkat telpon dari siapapun karena YOU’RE THE BOSS!
Atau mungkin Anda hanya ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari bisnis online.

Langkah Awal Untuk Bisnis Online ( AMPUH )

Apapun alasannya, jualan online punya kesempatan dan masa depan yang menurut saya pribadi sangat cemerlang. Anda hanya butuh koneksi internet.
Dari semua jenis bisnis online atau cara menghasilkan uang dari Internet, bisa dikatakan jualan online lah yang paling gampang untuk dimulai.
Kenapa saya menyarankan Anda mulai berjualan online?
* Anda bisa bekerja dari rumah, punya waktu tersendiri dan menentukan sendiri seberapa keras Anda ingin bekerja. Tidak ada boss yang akan mengatur Anda untuk ini itu.
* Anda sudah berpengalaman duluan. Hanya saja mungkin selama ini Anda adalah pembeli, nah jika jualan online Anda sebagai seorang penjual. Anda pasti paham cara kerjanya seperti apa.
* Anda bisa berbisnis sesuai passion. Apa yang menjadi passion Anda? Memancing? Memasak? Koleksi barang antik? Anda bisa mengubahnya menjadi hobi yang mendatangkan duit buat Anda.
* Tidak susah atau riskan seperti ketika Anda ingin membuka bisnis konvensional. Anda tidak perlu investasi uang yang banyak untuk memulai. Anda tidak perlu menyewa properti. Untuk memulai sangatlah mudah.
* Anda tidak perlu kuatir akan stok karena Anda bisa menjalankan bisnis model dropshipping.

"Kekurangannya apa kalau jualan online? Pasti ada donk?”
Yes. Layaknya hidup, pasti ada saat dimana kita berada di puncak, dan terkadang dibawah. #hatzeek
Ini kekurangannya :
* Butuh waktu. Anda mungkin butuh waktu beberapa minggu untuk mulai melihat hasil. Kemungkinan untuk mendapatkan omset 1 juta di hari pertama Anda sangatlah kecil.
* Anda butuh belajar terus menerus. Tapi tentu saja ketika Anda mulai jualan online, maka Anda sudah selangkah lebih jauh di antara kompetitor Anda.
* Anda akan menjadi CEO di awal memulai. Chief Everything Officer alias melakukan semuanya sendiri di awal mulai dari pemasaran, pembukuan, bikin promosi dll.

Intinya jualan online bukanlah cara cepat kaya
jika Anda menyukai proses daripada jualan online itu sendiri, maka seharusnya Anda serius untuk menjadikannya sebagai bisnis utama Anda dan mulai membangun kerajaan bisnis online Anda sendiri.
Beberapa step sekaligus tips dari saya untuk memulai:
1. Temukan produk untuk dijual. Jualan banyak produk tidak akan membuat bisnismu bertahan lama. Anda harus pikirkan Anda ingin bermain di niche apa. Apakah Anda ingin menjual produk-produk olahraga, bahan-bahan kue, perabot rumah tangga dll. Usahakan produk yang Anda jual itu masih mirip-mirip dan saling berhubungan.
2. Cari supplier. Dropshipaja.com bisa menjadi solusi jika Anda membutuhkan supplier produk custom dengan pelayanan yang TOP karena mencari supplier itu seperti sedang mencari jodoh. Susah-susah gampang hehehe.
3. Tentukan dimana Anda ingin menjual produk Anda. Bisa di Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee. Atau di sosial media seperti Instagram dan Facebook.

Temukan produk untuk dijual

Buanyaaaakk sekali produk yang bisa Anda jual. Itu yang kadang membingungkan. Harus jual yang mana dulu? Apa yang kira-kira bisa profit dan laku?
Tips memilih produk untuk dijual :
1. Anda bisa mendapatkan profit dari penjualan produk tersebut setelah dikurangi biaya pengiriman, packing dan biaya administrasi lainnya. Jelas ya, harus untung!
2. Cari produk yang punya permintaan banyak. Jangan jualan barang yang tidak ada peminatnya!
3. Cari produk yang kompetisinya tidak terlalu ketat karena akan mengurangi profit Anda.

Cari Supplier

Jika Anda sudah menemukan produk yang akan Anda jual, saatnya mencari supplier. Seperti yang saya katakan, cari supplier itu susah-susah gampang. Amit-amit kalau ketemu supplier yang reseh.
Tips mencari supplier :
1. Searching di marketplace. Cari supplier yang punya rating bintang tinggi dan menyediakan jasa pengiriman pada hari yang sama (itu berarti suppliernya punya stok sendiri!)
2. Lakukan pencarian di google. Anda bisa menggunakan kata kunci “Supplier + [produk yang ingin Anda cari] + [kota yang Anda inginkan jika ada]”. Misalkan : Supplier peralatan mancing di jakarta. Pada umumnya supplier-supplier besar tidak jago marketing, tidak jago SEO sehingga website mereka susah ditemukan. Anda harus mencarinya perlahan :D

Tentukan dimana Anda ingin menjual produk Anda

Sekarang Anda sudah tau produk apa yang akan Anda jual dan disupplai oleh supplier siapa. Selanjutnya Anda harus tentukan dimana Anda ingin berjualan.
Ada 3 channel yang saya pribadi sarankan untuk memulai :
1. Marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dll
2. Facebook
3. Instagram
Pilihan terakhir adalah website Anda sendiri. Punya website sendiri untuk jualan online memang ribet di awal, tapi benefitnya banyak sekali ketimbang Anda jualan di channel orang lain :)
Kenapa saya hanya menyarankan 3 channel di awal memulai? karena 3 channel itulah yang menurut pengalaman saya paling mudah dan cepat mendatangkan penjualan






 Nantikan Artikel Selanjutnya di 3xploi7.com
 Artikel Mobile legends : Here
 Artikel Social Media : Here
Artikel Tutorial : Here
Join Grup 3xploi7 : Here
• Dapatkan Info Update Artikel Secara Cepat : 

                   DESKRIPSI GAMBAR  DESKRIPSI GAMBAR
Previous
Next Post »
Thanks for your comment