Tips Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mendapatkan Ide Menulis Artikel Blog

Ide Menulis Artikel Blog

Tips Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mendapatkan Ide Menulis Artikel Blog - Hello 3xploi7er, Energi semangat sangat diperlukan bagi blogger untuk mendapatkan ide menulis. Karena jika kita semangat maka otak kita akan termotivasi untuk membuat suatu hal dan kemungkinan besar menghiraukan dampak kecil yang terjadi. Sehingga jika artikel dirasa kurang pas maka mereka akan tetap melanjutkannya. Ini adalah contoh dari blogger yang mengejar target untuk menulis banyak postingan tanpa memikirkan visitor.

"Tidak peduli dengan visitor yang penting saya menulis artikel yang bermanfaat, visitor pasti akan datang"

Apakah hal demikian benar ? Ini tergantung pada diri masing masing.  

Menulis artikel diblog merupakan bukan sekedar menulis saja, tetapi ada poin poin atau nilai pokok yang harus dimasukan kedalam tulisan tersebut. Ada beberapa blogger yang mempunyai wawasan sedikit kemudian bingung untuk memasukan poin poin tersebut. Tentu saja hal tersebut merupakan sebuah hambatan bagi kita Seorang blogger yang notabennya sebagai seorang penulis.

Tidak berpengaruh Apakah blogger senior ataupun Junior pasti mereka pernah mengalami kesulitan dalam menentukan ide untuk menulis dan mereka tidak tahu apa yang ingin ditulis. Hal demikian disebabkan karena Dia sedang bosan atau tidak mood. Sampai-sampai setelah selesai menulis terkadang dia tidak percaya dengan tulisannya dan dirasa kurang pas sehingga banyak terjadi setelah selesai menulis langsung dihapus begitu saja.

Permasalahan selanjutnya adalah jika ada seorang blogger yang tidak mempunyai keahlian khusus disalah satu bidang. Keahlian khusus bisa dijadikan sebagai modal utama tentunya dalam menulis artikel. Karena jika seseorang memiliki keahlian khusus maka kemungkinan besar orang tersebut akan mempunyai banyak ide dalam menulis artikel, tetapi sebaliknya jika tidak mempunyai keahlian khusus maka akan mengalami kendala yaitu kurangnya ide untuk menulis artikel. 

Kalo saya tidak mempunyai wawasan dan keahlian khusus gimana ? apakah saya masih bisa mendapatkan ide untuk menulis artikel ? Oh tentu saja bisa, silahkan simak Tips Mendapatkan Ide Menulis Artikel Blog berikut ini :

Tips Mendapatkan Ide Menulis Artikel Blog


1. Melihat Pertanyaan Di Forum / Group 
Melalui forum atau grup Facebook pasti banyak orang yang bertanya tentang suatu hal atau cara untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Dari sini bisa kita manfaatkan sebagai ide untuk menulis sebuah artikel blog. 

Caranya adalah kita harus mengerti apa yang ditanyakan oleh seseorang tersebut kemudian kita mencari kemudian kita pecahkan permasalahan tersebut dengan bantuan Google. Kemudian kita gunakan sebagai bahan untuk menulis artikel.

Tentu saja hal ini dapat bermanfaat bagi keduanya baik bagi kita ataupun sang penanya. Dan ini merupakan contoh kebaikan dari seorang blogger. 


2. Menggunakan Google Trends dan Riset Keyword
Dengan menggunakan Google Trends kita dapat mengetahui apa yang sedang booming saat ini. Hal tersebut dapat kita gunakan untuk sebagai menulis ide artikel blog. Tetapi jangan lupa untuk menyesuaikan trend yang ada dengan nice blog anda. 
Contohnya sekarang sedang trend Pokemon Go maka hal ini sangat cocok bagi blog yang mempunyai tema tentang teknologi dan games.

Selanjutnya adalah riset keyword. Dengan menggunakan teknik riset keyword kita dapat mengambil ide-ide dari dalam. Ketika anda mencari kata " Seo " dalam riset keyword. Maka disana akan muncul beberapa pilihan kata. Dan gunakananlah kata kata tersebut sebagai judul kemudian cari artikel atau informasi yang terkait dengan judul tersebut


3. Lakukan blogwalking & Mencari Referensi
Dengan melakukan blog walking pastinya kita akan mengunjungi blog seseorang. Nah disela sela blogwalking kita dapat memanfaatkan dengan membaca judul-judul artikel yang terdapat pada blog tersebut. Kemudian kita cari mana yang cocok untuk dijadikan sebagai ide post dalam blog kita. 

Hal itu belum cukup, Kita juga harus mencari refrensi artikel yang terkait di Google. Hal ini berguna untuk menambah Point dalam artikel kita Untuk mendapatkan ide di sini Anda bisa melakukan kegiatan yang paling simpel yaitu dengan melakukan blogwalking tetapi untuk melakukan hal itu kita harus mengetahui terlebih dahulu bagi teman-teman yang belu tahu apa itu blog walking. 

Jadi blogwalking merupakan sebuah kegiatan yang berguna untuk mengunjungi blog orang lain Dan kita harus meninggalkan jejak pada blog tersebut dalam bentuk komentar yang relevan.

Di saat teman-teman susah untuk memikirkan sebuah ide maka blogwalking bisa menjadi sebuah sarana yang baik untuk Anda mendapatkan sebuah ide yang cemerlang. Ide-ide pun bisa di kreasikan sesuai dengan apa yang Anda inginkan, tetapi untuk mendapatkan ide tersebut kita tidak hanya blogwalking pada hanya satu blog saja tetapi kita juga harus blogwalking ke banyak blog lainnya supaya ide-ide yang itu banyak yang muncul. 

Jika satu blog membahas sebuah tema blogging maka kita harus mengunjungi blog yang lainnya seperti bertema teknologi, dengan sering-sering berkunjung ke blog orang lain maka kita akan bisa kombinasikan atau meng compare ide-ide akan kita buat. 

 Dan juga dengan melakukan block waktu ini kita juga bisa membangun sebuah koneksi antara blogger lainnya supaya kita bisa bertukar pikiran mengenai hal-hal yang ingin dibahas. 


4. Melihat Trending Topik Yang Naik Daun

Hal ini sama seperti dengan menggunakan Google Trends dan riset keyword tetapi pada yang berikut ini kita tidak melihat pada Google trend atau yang keyword sedang trend, tetapi kita bisa melihat berbagai macam hashtag di berbagai sosial media. Contohnya seperti Facebook dan Twitter tentunya hastag atau yang sedang trending per minggu atau per bulan itu pasti berbeda-beda tergantung apa yang dilakukan oleh masyarakat dari sosial media itu sendiri. 

Kami menyarankan agar anda menggunakan atau melihat hal-hal yang sedang viral itu dengan Facebook, karena di Facebook itu merupakan sosial media yang mempunyai paling banyak penggunanya dan Facebook juga dilengkapi dengan berbagai macam opsional seperti umur jenis kelamin dan lain-lain sehingga untuk target pasar akan semakin mudah. 

Di sosial media Kita juga bisa memilih trending topik yang sesuai dengan tema blog kita, ketika ada isu tentang teknologi yang paling gencar saat ini Contohnya yaitu iPhone 8, nah Anda bisa membuatkan ide tentang artikel iphon8 Contohnya seperti harga iPhone 8, 

klasifikasi iPhone 8, " terkuak bentuk iPhone 8" dan berbagai macam lainnya. Jadi disini memang perlu ditekankan bahwa di berbagai macam sosial media itu mempunyai trending yang berbeda-beda dari situ ada harus bisa memilih yang terbaik daripada terbaik di sosial media tersebut. 


5. Memanfaatkan Benda Yang Ada di Sekitar Anda 

Ini merupakan sebuah teknik offline yang bisa anda gunakan untuk mencari sebuah ide penulisan untuk artikel blog. Tetapi sayangnya ini merupakan teknik yang jarang dibahas oleh Kebanyakan orang tetapi Kami lihat bahwa nyatanya Teknik ini cukup ampuh untuk mencari sebuah ide penulisan artikel secara cepat. 

Namun sedih setiap teknik juga pasti akan mempunyai sebuah keunggulan dan sebuah kekurangan. Keunggulan yang dapat kita dapatkan dari teknik ini merupakan kita bisa menerima atau mendapatkan ide secara cepat dari benda apa yang kita lihat di sekitar kita. 

Contohnya disini di depan kami terdapat sebuah printer, speaker, hP, pC, keyboard, Mouse dan modem. Dengan kita melihat beberapa benda itu kita bisa membuat sebuah artikel dari apa yang kita lihat. Contoh judul dari benda keyboard " Keyboard Yang Paling Enak di Gunakan Untuk Mengetik " 

Dan kita juga melihat Sisi kekurangan dari teknik ini yaitu apabila benda-benda yang ntar kita itu terbatas adanya, sehingga jika benda itu sedikit maka ide-ide kita dapat juga akan sedikit. Karena kita mengacu pada benda yang ada di sekitar kita. Dengan menggunakan teknik ini kita bisa dengan mudah mendapatkan ide dan kita bisa memikirkan ide cara menyenangkan mencari ide-ide ada hubungannya dengan benda-benda yang ada di sekitar kita. 


6. Mengamati Berbagai Macam Berita

Untuk mendapatkan ide menulis postingan blog Anda bisa mencermati channel-channel ada. Channel ini bisa sebuah perangkat media cetak ataupun Media elektronik. Media cetak Contohnya seperti berita yang ada di koran, tabloid, majalah. 

Dan perangkat yang ada di Media elektronik yaitu seperti televisi radio dan media online atau website. Dengan menggunakan channel-channel tak bisa mengamati berita yang selalu terupdate dari apa yang sedang terjadi sekarang. 

Dengan kita mengamati berita yang ada di berbagai channel tersebut kita bisa mengkaji dari apa yang sedang terjadi dan di sanalah kita bisa memunculkan sebuah ide untuk menulis. Namun hal ini sangat disayangkan dengan berbagai permasalahan yang ada. 

Contohnya sekarang ini banyak dari Media elektronik ataupun cetak sudah banyak dicemari oleh unsur-unsur pentingan politik tertentu. Contohnya pada televisi A memiliki unsur politik c dan televisi B memiliki unsur politik d. 

Tentunya hal ini merupakan sebuah penghambat bagi kita yang ingin menemukan sebuah berita yang baik dan subjektif. Maka dari itu kita harus secara pintar memilih atau menyeleksi mana channel yang baik untuk dijadikan ide menulis


Dari berbagai macam cara diatas kita bisa memilih salah satu diantara cara-cara dengan apa yang kita inginkan Karena untuk menulis ide itu bisa dimulai dari apa yang kita suka terlebih dahulu Kalau kita tidak suka duluan bagaimana nanti ide-ide muncul. 

Sekian artikel tips mendapatkan ide Menulis artikel blog terbaru Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu anda untuk mendapatkan ide-ide untuk memposting sebuah artikel di blog anda sendiri.

3xploi7 Team

0 Response to "Tips Yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mendapatkan Ide Menulis Artikel Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Kunjungi Terus " 3xploi7 " untuk update menarik selanjutnya

Simak Update Artikel menarik disini, Stay toon !! 3xploi7.com
Jangan sampai Terlewatkan.
 • Join Grup Team : 

 • Update Konten Unik Lainnya di : 
 Instagram
— Twitter

 • Tonton video kami di : 

 Youtube