8 Langkah Menghindari Bahaya Internet Bagi Anak & Pelajar

Cara Menghindari Bahaya Internet Bagi Anak & Pelajar - Pada zaman modern sekarang ini para orang tua harus menerapkan internet sehat untuk anaknya guna melindungi anak dari dampak negatif internet. Pengawasan terhadap dampak internet harus dilakukan sejak dini dengan cara pencegahan dan pengawasan serta memberikan pengertian kepada anak.

 Pencegahan dan pengawasan tersebut sangatlah penting bagi anak mengingat perkembangan dunia Internet sudah semakin cepat untuk anak kecil yang menggunakan internet harus diberikan pengawasan dan aturan agar tidak menjerumuskan anak itu sendiri terhadap bahaya internet. Contoh dari perkembangan budaya internet yang negatif yaitu forum forum diskusi yang tidak sesuai konten berbau kekerasan dan perilaku negatif di sosial media. 

Kondisi sekarang ini sangat jauh berbeda ketika sebelum orang mengenal internet dimana permainan tradisional masih dipermainkan oleh anak-anak sehingga muncul banyak interaksi sosial pada anak-anak tersebut.


Bahaya Internet Bagi Anak & Pelajar

Pengawasan semenjak dini untuk anak mengenai bahaya internet mestilah di kerjakan dengan memberi definisi dan masukan langsung untuk anak , urusan ini sangatlah penting menilik perkembangan internet kini sudah merambah ke segala umur, bagaimana tidak, suatu Ipod atau tablet yang di peruntukkan guna mainan anak memerlukan koneksi internet untuk memainkan game online.

Perkembangan yang paling pesat dalam dunia internet, sangat bertolak belakang dengan masa-masa jaman saya kecil dulu melulu bermain gundu dan tidak perlu suatu jaringan yang di sebut internet. Penting dalam pemantauan memang sangatlah perlu, tidak saja melalui media internet saja, namun pergaulan atau pertemanan yang salah dalam media sosial dapat dominan buruk terhadap anak. 

Jadi tahapan untuk menyerahkan pengertian semenjak dini mengenai intenet mesti di kerjakan langsung dari orang tua. Atau anak kamu akan terjerumus dalam internet yang tidak sehat, salah satunya ialah media atau konten dewasa, urusan yang paling di larang untuk anak dalam masa umur yang masih dini.

Cara melindungi anak dari bahaya internet

Menerapkan internet sehat sangat baik untuk semua kalangan terutama untuk anak-anak yang baru saja mengenal internet. Kampanye internet sehat itu berguna agar anak-anak tersebut tidak terkena bahaya internet. Maka dari itu kali ini saya akan berbagi cara melindungi anak dari bahaya internet

1.  Berlakukan aturan terhadap penggunaan internet

 untuk mengatasi bahaya dari internet kita harus membuat sebuah peraturan tentang penggunaan internet dan gadget agar anak tersebut tidak Kebablasan. Berikan penjelasan kepada mereka apa saja yang boleh dilakukan berapa lama durasi internetan contohnya anak boleh melakukan internetan hanya 2 jam saja setelah pulang sekolah. 
 dan malam hari tidak boleh internetan karena harus mengerjakan PR dan belajar kecuali membutuhkan internet dalam pembelajaran.

2. Memberikan pengertian dalam melindungi privasi atau kerahasiaan

Ajarkan anak kita untuk melindungi identitas dirinya Jangan sembarangan memberikan informasi pribadi ke orang banyak karena tidak semua boleh disebarluaskan. Contohnya ajarkan kepada anak untuk tidak memberikan foto nomor HP alamat sekolah dan alamat rumah karena jika data tersebut diberikan kepada orang yang tidak dikenal bisa saja disalahgunakan oleh orang tersebut yang tidak bertanggung jawab. 

Kemudian anak harus waspada terhadap hal tersebut dengan cara menjaga privasi mereka

3. Libatkan diri Anda ke dunianya

Hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan yaitu melibatkan diri Anda ke dunia anak. Anda dapat menemani anak Anda saat anak Anda internetan. Sebagai orang tua hal tersebut harus dilakukan agar orang tua dapat mengenal aktivitas mereka.

Pastikan anak tersebut menggunakan internet dengan baik dan aman. Tidak hanya di dunia nyata yang perlu diawasi di dunia maya juga perlu diawasi. Dan sebagai orang tua anda dapat membimbing mereka

4. Berikan pendidikan moral dan agama

 pada anak mereka harus tahu mana yang diperbolehkan oleh agama dan mana yang dilarang oleh agama. Hal tersebut dapat membantu orang tua dari dampak negatif internet. Selain itu mereka juga akan takut terhadap dosa. selain pendidikan agama kita juga membutuhkan pendidikan moral. 

tujuannya agar mereka dapat berperilaku sesuai dengan tatanan sosial di masyarakat. Contohnya kita dapat melihat anak-anak yang melakukan pembulian selain di sosial media juga pembulian di dunia nyata dan contoh lain yaitu berkata kasar di sosial media contohnya haters. Pembekalan tersebut tentu sangat diperlukan  bagi anak.

5. Memperhatikan Kondisi Emosional Anak kita

Banyak anak-anak yang ingin menarik benang merah sendiri dari masalah yang mereka hadapi dan tak mau untuk meminta pertolongan orang lain lagipula itu mencantol kehidupan individu mereka. 

Mereka bakal terlihat tidak energik dan malas guna pergi ke sekolah atau berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. Sadarilah bahwa stress yang spektakuler dan pembuangan diri dari interaksi sosial yang normal dapat mengakibatkan gangguan psikologis.

Jika kita menyaksikan sesuatu yang tidak lumrah dari tingkah laku anak anda setelah menguras waktu berjam-jam di depan komputer, anda harus berinisiatif menanyakan apa saja yang ia lakukan, tidak boleh diam saja, usahakanlah memahami apa yang sedang terjadi. 

Lakukanlah yang terbaik saat menanyakan dan anda harus berjanji bahwa yang telah dirundingkan akan tetap menjadi rahasia. Saling percaya adalahsalah satu teknik untuk memahami apa yang terjadi sebetulnya tetapi sebaliknya andai tidak adanya saling percaya maka anda tidak akan pernah tahu apa yang sebetulnya terjadi.

6. Berikan contoh yang baik

Perilaku anak biasanya cenderung meniru orang tuanya untuk itu marilah kita berbuat yang sesuai di hadapan anak kita dengan memberikan contoh yang baik.

Contohnya jika pada malam hari anak seharusnya belajar tetapi orang tua malah bermain gadget nah,  hal tersebut harus dihentikan karena akan berdampak pada anak sendiri.  

7. Memberitahu Dampak Positif Dan Negatif Dari Internet

Anak-anak terkadang belum tahu mana yang nyata atau mana yang melulu rekayasa. Mereka biasanya keliru bahwa yang mereka simak atau mainkan di internet hanyalah suatu permainan dan bukan sesuatu yang terdapat di dunia nyata dimana mereka tidak punya aturan dan bisa memainkannya sesuka mereka. 

Setiap anak generasi ‘Z’ ini memiliki akses internet yang bebas dan mudah, namun kita mesti memberinya definisi yang jelas tentang struktur, faedah dan bisa jadi bahaya yang bakal terjadi.

Sebagai pemakai internet, kita pun harus mengajarkan anak guna berperilaku pada jalur yang benar.

8. Taruh Komputer di Tempat yang Terlihat

Hal yang dapat menciptakan seseorang mengerjakan hal yang dilarang ialah godaan dan urusan tersebut juga terjadi pada anak-anak. Jika anda tidak melakukan pemantauan yang rutin, maka anda harus mensiasati dengan teknik yang lain contohnya dengan meletakan komputer di lokasi yang gampang terlihat dan tidak jarang kita kunjungi sehingga tersebut dapat memberi batas anak guna membuka website yang tidak diizinkan karna tersebut akan mempunyai resiko kemudian hari. Lebih lagi anda akan mempunyai peluang untuk berkomunikasi lebih tidak sedikit dengan anak kita.

Kesimpulan Pengawasan semenjak dini untuk anak mengenai bahaya internet mestilah di kerjakan dengan memberi definisi dan masukan langsung untuk anak , urusan ini sangatlah penting menilik perkembangan internet kini sudah merambah ke segala umur, bagaimana tidak, suatu Ipod atau tablet yang di peruntukkan guna mainan anak memerlukan koneksi internet untuk memainkan game online.

Perkembangan yang paling pesat dalam dunia internet, sangat bertolak belakang dengan masa-masa jaman saya kecil dulu melulu bermain gundu dan tidak perlu suatu jaringan yang di sebut internet.

Itulah cara melindungi anak dari bahaya internet Semoga dapat menambah wawasan anda tentang bagaimana melindungi anak dari bahaya internet semoga artikel ini bisa bermanfaat di era teknologi seperti sekarang ini Sekian dan terima kasih.

3xploi7 Team

0 Response to "8 Langkah Menghindari Bahaya Internet Bagi Anak & Pelajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Kunjungi Terus " 3xploi7 " untuk update menarik selanjutnya

Simak Update Artikel menarik disini, Stay toon !! 3xploi7.com
Jangan sampai Terlewatkan.
 • Join Grup Team : 

 • Update Konten Unik Lainnya di : 
 Instagram
— Twitter

 • Tonton video kami di : 

 Youtube