Cara Agar LULUS dan diterima SNMPTN Undangan 2019

Cara Agar LULUS dan diterima SNMPTN Undangan 2019 - Hai hai adik-adik yang masih duduk di bangku SMA! Pasti setelah lulus dari SMA kalian ingin melanjutkan studi kalian ke perguruan tinggi ’kan? Yup.
Pastinya incaran kalian adalah perguruan tinggi negeri. Btw, ada beberapa jalan buat masuk PTN, salah satunya yaitu lewat jalur SNMPTN.

SNMPTN adalah singkatan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. SNMPTN sering disebut sebagai jalur undangan, karena si calon mahasiswa baru diundang oleh perguruan tinggi untuk jadi mahasiswa disitu tanpa melalui tes. Tahapannya, setiap sekolah akan mengupload nilai siswa-siswinya kemudian nanti akan ditentukan siapa yang mendapat kesempatan SNMPTN. 

Cara Agar LULUS dan diterima SNMPTN Undangan 2019

Nah, yang dapat kesempatan SNMPTN ini nantinya disuruh memilih jurusan, kemudian finalisasi, dan selanjutnya tinggal nunggu pengumuman. Kalau diterima, kita bisa masuk universitas tanpa tes. Wah... Siapa sih yang gak mau masuk perguruan tinggi tanpa tes? Hehehe...
Daripada kebanyakan basa-basi, yuk simak tips lolos SNMPTN berikut ini.

1. Persiapkan jurusan yang akan kamu pilih jauh-jauh hari.
Guys, memikirkan jurusan yang kamu pilih jauh-jauh hari ini penting untuk menghindari salah jurusan. Tau gak? kebanyakan anak kelas 12 yang saya temui gak punya gambaran nantinya dia mau masuk jurusan mana. Masih abu-abu. Pas tanggal finalisasi SNMPTN, dia akhirnya milih jurusan dengan sesuka hati. Bisa dibilang tanpa persiapan atau ngawur. Ini rawan banget gak lolos.

2. Pilih jurusan sesuai passion kamu. 
Semua orang pasti punya passionnya sendiri-sendiri. Passion adalah sesuatu yang kita senangi, sesuatu yang kita punya bakat untuk melakukannya, sesuatu yang bisa kita nikmati dan kita tidak merasa keberatan saat mempelajarinya. 

Memilih jurusan itu harus sesuai passion kamu, Guys. Pilihlah 2 atau 3 jurusan yang sekiranya sesuai dengan passion kamu.   Btw, Jangan memilih jurusan yang bukan passion kamu walaupun kamu ingin masuk jurusan itu. Karena jurusan yang kamu pilih itu menentukan masa depan kamu nantinya,bisa jadi nanti saat kamu belajar kamu akan merasa terpaksa dan gak enjoy menjalaninya.

3. Konsultasikan jurusan yang kamu pilih dengan orangtua.
Jangan lupa minta pendapat orangtua kalian kalau mau milih jurusan. Tanyakan orangtua kalian setuju atau nggak kalau kamu masuk jurusan yang sesuai passion kamu. Kalau mereka gak setuju, kalian harus cepat-cepat bermusyawarah(?) dengan mereka sebelum waktunya mepet. 

Ini penting. Kebanyakan kasus yang saya temui, orangtua ngotot dan maksa anaknya masuk ke jurusan yang diinginkan orangtuanya padahal bukan passion si anak, dan akhirnya si anak gak tahan dan merasa terpaksa belajar disitu. Kita semua tahu ’kan kalau sesuatu yang dikerjakan dengan terpaksa hasilnya gak baik?

4. Carilah informasi seputar jurusan yang kamu targetkan.
Setelah ketemu jurusan yang kamu targetkan, kini saatnya kamu cari tahu informasi tentang jurusan itu. Cari tahu passing gradenya (btw, passing grade itu biasanya palsu guys. Universitas biasanya gak nyebarin berapa passing gradenya. 

Eits, setelah tahu ini kamu jangan langsung mengabaikan passing grade ya, soalnya passing grade yang tertulis di internet biasanya disimpulkan melalui penelitian. Lumayan lah buat nentuin target). Informasi lain yang perlu kita cari selain passing grade yaitu kuota, seberapa ketat persaingannya, mata kuliahnya apa aja, dll.

5. Belajar dengan giat, targetkan nilai dan ranking.
Nah. Setelah ketemu dan udah tahu passing grade jurusan yang kamu pilih tadi kalian harus bikin target nih. 

Untuk nilai, sesuaikan dengan jurusan ya. Contohnya gini: kamu mau masuk jurusan pendidikan dokter di sebuah universitas top dengan passing grade tinggi dan persaingan super ketat. Nah, untuk itu kamu harus ambisius naikin nilai kamu. Kalau kedokteran sih, minimal rata-rata nilai setiap semesternya 92 lebih. 93 lah buat cari aman. 

Dan untuk ranking, usahakan selalu masuk rangking 10 besar biar dapat kesempatan SNMPTN. Karena gak semua siswa bisa dapat kesempatan mendaftar SNMPTN, cuma diambil berapa persen teratas dari seluruh murid.
Guys, untuk berjuang mendapatkan SNMPTN ini kita perlu sikap ambisius.

6. Cari data kakak kelas yang diterima SNMPTN. 

FYI jika ada siswa dari sekolah kamu masuk suatu jurusan di sebuah PTN lewat jalur SNMPTN, hal itu nantinya akan membuka peluang bagi adik kelasnya untuk masuk jurusan situ juga.
Nah. Setelah kamu dapat datanya, kamu cari-cari deh kakak kelas kamu yang masuk jurusan yang kamu targetkan tadi. Jika ada, cari kontaknya terus kamu tanya-tanya ke dia informasi tentang jurusannya, minta tips-tips ke dia, atau apa kek, pdkt juga boleh. Siapa tahu jodoh.

7. Belajar soal SBMPTN jauh-jauh hari.
Dan ya, kalian disarankan buat mempersiapkan SBMPTN dari sekarang. Setiap dapat materi baru, selain belajar di buku pelajaran, kita perlu membaca materi baru tersebut pada buku SBMPTN dan mencoba latihan soalnya. 

Belajar soal SBMPTN yang susah bisa membantu kita mendapatkan nilai bagus pada ulangan harian atau ujian semesteran yang akan berdampak mendongkrak nilai raport. Keuntungan lain belajar SBMPTN jauh-jauh hari yaitu, kita sudah mempersiapkan diri mengikuti SBMPTN kalau misalnya gak keterima SNMPTN. Sebagai antisipasi. Oh iya, jangan terlalu berharap kepada SNMPTN ya... 

Seperti kata orang bijak "Semakin banyak kamu berharap, nantinya akan semakin sakit"
Banyak lho anak yang terlalu berharap pada SNMPTN dan gak beli buku SBMPTN jauh-jauh hari karena mikir "Tunggu pengumuman SNM dulu baru beli buku SBM" dan akhirnya dia gak keterima SNMPTN terus dia gelagapan nyari buku SBMPTN buat belajar, padahal waktu udah mepet tinggal sebulan lagi tes. 

Percayalah, waktu sebulan itu gak cukup buat menguasai materi SBMPTN. Makanya, cepet beli buku SBMPTN dari sekarang sebelum terlambat. (Btw, ini saya gak ngiklan soalnya saya emang gak jualan buku SBMPTN) :3

Hm... Saya pikir cukup sampai disini saja tips dari saya ini. Jika ada yang ingin menambahkan tips, silakan komentar. Jika ada yang ingin bertanya-tanya, silakan komentar juga, nanti saya usahakan mencarikan jawabannya. Sekian dulu ya.
Btw semangat kalian! Selamat berjuang!

3xploi7 Team

0 Response to "Cara Agar LULUS dan diterima SNMPTN Undangan 2019"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Kunjungi Terus " 3xploi7 " untuk update menarik selanjutnya

Simak Update Artikel menarik disini, Stay toon !! 3xploi7.com
Jangan sampai Terlewatkan.
• Join Grup 3xploi7 : Here
• Tonton Streaming Tv : Here
• Kerja Online Sampingan : Here