Langkah Langkah Membuat Email Marketing Database Lengkap

Langkah Langkah Cara Membuat Email Marketing Database cara membuat email marketing - cara email marketing - contoh penulisan email marketing indonesia - Email marketing adalah salah satu komponen terpenting dari berbagai strategi pemasaran bisnis Anda. Ketika ditanya hal apa yang paling penting untuk mengukur keefektifan sebuah channel tertentu, sebagian besar marketer pasti setuju bahwa keseluruhan return of investment atau ROI adalah yang terpenting.

Cara Membuat Email Marketing Database

ada sekitar 86% orang dewasa di A.S. ingin menerima email promo setidaknya setiap bulan dari merek yang mereka percaya. Karena email adalah link langsung ke basis pelanggan Anda.

Terlepas dari manfaatnya, studi yang dilakukan Benchmark mengatakan bahwa hanya 18% pemilik bisnis yang benar-benar terlibat dalam kampanye email pemasaran.

Pemilik dan pengelola bisnis perlu menyadari bahwa ada kebutuhan yang harus segera dilakukan untuk meluncurkan kampanye email mereka sendiri.

Pada bagian ini, Anda akan mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana email marketing (pemasaran) dapat mengembangkan bisnis Anda:

Langkah Langkah Membuat Email Marketing Database 

a) Membangun data base email 

Ketika Anda baru memulai email marketing, tantangan utamanya adalah bagaimana cara membangun data base calon costumer (Lead).

Bagi Anda yang baru saja memulai bisnis hal ini bukan perkara mudah. Beda halnya bagi yang sudah cukup lama menjalankan bisnisnya sudah mempunyai list email costumer yang banyak dan tinggal bagaimana memaksimalkan list email tsb.

- Menggunakan Lead magnet 

Strategi membangun list email yang paling banyak digunakan oleh para praktisi digital marketing adalah dengan cara memberikan penawaran berupa lead magnet kepada calon costumernya. Lead magnet (LM) adalah sebuah umpan spesifik yang gratis tapi bermanfaat untuk mereka. Dengan tujuan untuk mengubah trafik/visitor menjadi lead dengan memberikan value yang ditukarkan dengan informasi mereka sepeti berupa "Nama, Alamat email hingga No HP".

Yang perlu diperhatikan dalam membangun list email ini adalah semakin banyak informasi yang harus diisi oleh user maka conversinya semakin kecil dengan kata lain yang akan mengisi form opt-in Anda semakin sedikit. Dalam memebangun list email Anda bisa menggunakan landing page, squeeze page, pop up form, dll. Lead Magnet bisa berupa:

 Ebook
 Laporan/Guide
 Katalog
 Toolkit/Resource List Free Trial
 Video Training
 Dsicount / Free Shipping
 Dll

-  Buat penawaran khusus. 

Orang-orang lebih suka mengajak teman mereka merekomendasikan produk Anda. Sebagai contoh: dalam email pertama Anda ke pelanggan sebagai daftar email, mintalah orang tersebut untuk meneruskan pesan (email) ke temannya yang lain dengan imbalan hadiah atau mungkin bisa berupa diskon 25% untuk pemesanan dihari berikutnya.

Platform email pemasaran (marketing) Anda, seperti Constant Contact dan MailChimp, harus dapat mengotomatisasi jenis kampanye ini sehingga Anda dapat melacak siapa saja yang sudah mereferensikan pelanggan email baru.

Selanjutnya Anda bisa menetukan hadiah untuk pelanggan tadi.

b) Format konten email marketing 

Pahami anatomi email yang sukses agar email Anda sukses masuk kedalam kotak masuk (email inbox) pelanggan, dan buat mereka bersemangat untuk membuka setiap email yang Anda kirim. Mulailah dengan baris subjek.

Bagaimana Anda bisa membangkitkan semangat pembaca, Bagaimana caranya? Atau apakah Anda akan menarik sisi emosi atau hasrat mereka? Jika Anda berkreasi dengan isi konten email ini, kemungkinan email Anda akan dibuka dan rata-rata klik link pun juga akan meningkat.

Beberapa ide untuk email Anda:
 Email selamat datang (sambutan)
 Email ulang tahun
 Email promo
 Email liburan
 Email survei
 Berita, tips dan trik seputar bisnis
 Cerita pelanggan
 Acara amal dan sponsor

Begitu mereka membuka email, pastikan agar desain tampilan tetap sederhana, tidak berbelit-belit dan disertai dengan tombol CTA (Call to action) atau tindakan ajakan yang jelas sesuai apa yang Anda inginkan.

Tombol CTA tersebut bisa seperti ini: “Ajak teman Anda,” “Download disini” atau “Pesan Sekarang” Di dalam isi email, paling tidak jaga agar teks atau konten email Anda bagikan singkat agar pelanggan tidak perlu mengeluarkan lebih dari satu menit untuk membaca semuanya. Buatlah manfaatnya jelas tanpa bertele-tele, langsung to the point.

Dan jangan lupa juga, selalu tampilkan pilihan untuk berhenti berlangganan di email Anda sesuai peraturan dari CAN-SPAM. Biasanya para penyedia platform sudah menyertakan fitur ini secara default.

c) Waktu kirim email 

Waktu pengiriman email juga harus diperhatikan. Misalkan mengirim email pada jam-jam sibuk akan menjadikan open rate email Anda rendah.

Intensitas pengiriman juga perlu diperhatikan. Apabila Anda terlalu sering mengirim email promosi pada data base email Anda akan meningkatkan jumlah unsubscribe di email marketing yang sedang Anda jalankan.

Alat (Tools) favorit untuk email marketing
 GetResponse
 Mailchimp
 ActiveCampaign
 Aweber

3xploi7 Team

0 Response to "Langkah Langkah Membuat Email Marketing Database Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Kunjungi Terus " 3xploi7 " untuk update menarik selanjutnya

Simak Update Artikel menarik disini, Stay toon !! 3xploi7.com
Jangan sampai Terlewatkan.
 • Join Grup Team : 
— Facebook Grup ( 2.135 Anggota )
 Line Square 


 • Update Konten Unik Lainnya di : 
 Instagram
— Twitter

 • Tonton video kami di : 

 Youtube