5 Cara Mempertahankan Pelanggan Dengan Metode Modern

5 Cara Mempertahankan Pelanggan Dengan Metode Modern - cara mempertahankan pelanggan menurut para ahli - cara mempertahankan pelanggan lama - cara menarik dan mempertahankan pelanggan - cara mempertahankan loyalitas pelanggan - cara mempertahankan pelanggan agar tetap loyal - bagaimana perusahaan dapat menarik sekaligus mempertahankan pelanggan - cara mempertahankan pelanggan manajemen pemasaran

Cara Mempertahankan Pelanggan

Bagaimana cara Anda MEMPERTAHANKAN CUSTOMER? Tujuan dari mempertahankan customer adalah agar mereka menggunakan produk dan jasa kita dengan frekwensi yang lebih: LEBIH SERING dan LEBIH BANYAK. Dengan kata lain, sangat penting membangun LOYALITAS mereka agar tetap bertahan beli produk di bisnis kita. Tujuan lain dari Keeping Customer adalah mengubah dari buyer menjadi customer, dan mengubah customer menjadi member.

BUYER → CUSTOMER

Buyer adalah first customer. Mereka yang membeli untuk pertama kalinya produk kita Customer adalah mereka yang sudah melakukan repeat order dalam membeli produk kita. Customer PASTI buyer, tapi buyer belum tentu customer.

1. MEMBERSHIP
Buatlah kartu anggota. Melalui kartu anggota kita dapat menawarkan berbagai variasi dari program loyalitas, entah berbentuk diskon atau sistem poin atau kombinasi lainnya.

Pemberian kartu anggota dengan berbagai macam manfaat yang terkandung di dalamnya memang terbukti membuat seorang customer agak Sayang kalau tidak membeli ke tempat semula. Contoh bisnis yang menggunakan strategi membership ini adalah Matahari, Metro, Alfamart, dll.

2. POINT REWARD
Sistem poin pada dasarnya adalah pemberian poin tertentu untuk setiap pembelanjaan sejumlah tertentu. Poin yang dikumpulkan bisa ditukarkan dengan hadiah yang menarik. Contoh bisnis yang menggunakan strategi point reward ini adalah MLM, Hero, operator seluler, hotel, dll.

3. SPECIAL DISCOUNT
Harus diakui bahwa orang Indonesia itu gila diskon. Diskon harga masih menjadi salah satu cara paling mudah untuk mempertahankan customer. Hanya saja, sebagai pengusaha kita perlu hati-hati untuk tidak terlalu sering menggunakan strategi ini karena bisa memperkecil profit. Diskon khusus bisa kita berikan kepada customer jika ada momen-momen yang special dan tepat, misalnya menyambut lebaran, natal, tahun baru, dll.

4. EXCLUSIVE OFFERING
Penawaran khusus selalu jadi jurus ampuh untuk membuat perbedaan antara customer lama dan customer baru. Disinilah pentingnya kita memiliki DATABASE CUSTOMER. Kita akan jadikan customer lama kita sebagai target market utama kita. Kita berikan penawaran khusus kepada mereka yang tidak akan didapatkan oleh customer lain yang belum menjadi member.

5. GROUP BUYING
Pembelian dalam bentuk paket ini berbagai macam, misalnya:

“Kalau beli 1 Rp 25.000, tapi kalau beli 3 Rp 70.000 aja, Mas”
“Beli banyakan aja, mba. Beli 10 GRATIS 1, lho”
“Khusus hari ini, kalau belanja minimal Rp 350.000 nanti dapat hadiah tas,
Bu”

Strategi ini bisa sangat efektif jika kita menggunakannya dengan baik. Misalnya jika bisnis Anda salon khusus wanita, kalau customer berhasil membawa temannya datang (yang belum pernah datang sebelumnya), maka ia akan mendapatkan harga khusus.

Jelas customer akan tertarik, karena biasanya wanita memang lebih suka mengajak temantemannya pergi ke salon bersama. Atau missal bisnis Anda bimbingan belajar, kalau customer berhasil mengajak temannya gabung, maka dia akan mendapatkan cashback, dll.

3xploi7 Team

0 Response to "5 Cara Mempertahankan Pelanggan Dengan Metode Modern"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel


Kunjungi Terus " 3xploi7 " untuk update menarik selanjutnya

Simak Update Artikel menarik disini, Stay toon !! 3xploi7.com
Jangan sampai Terlewatkan.
 • Join Grup Team : 

 • Update Konten Unik Lainnya di : 
 Instagram
— Twitter

 • Tonton video kami di : 

 Youtube