Cara Menghilangkan Vokal dari Lagu dengan Audacity - 3xploi7 BuG

Cara Menghilangkan Vokal dari Lagu dengan Audacity

Cara Menghilangkan Vokal dari Lagu dengan Audacity - Pernah berada dalam situasi ketika Anda harus menghapus vokal dari lagu favorit Anda? Ini bisa jadi karena Anda ingin bernyanyi bersama atau merekam suara Anda ke versi instrumental dari lagu tersebut. Apa pun masalahnya, Anda dapat melakukannya dengan mudah dengan menggunakan Audacity dan beberapa metode lainnya.

Audacity adalah perangkat lunak pengedit audio gratis yang digunakan untuk manipulasi audio dan membuat lagu. Anda dapat melakukan hal yang sama di alternatif Audacity juga. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan proses bertahap untuk menghapus vokal dari lagu menggunakan Audacity.

Jika Anda mencari untuk menghapus audio dari video, maka kami sudah membahasnya di sini .

Hapus Vokal Dari Lagu: Yang Harus Diingat
Sebelum kita selami, Anda harus mengingat beberapa hal. Metode ini tidak berfungsi dengan baik pada setiap lagu, tetapi untuk sebagian besar lagu, itu berfungsi. Apa pun yang direkam dalam stereo akan tetap terdengar oleh Anda.

Ini karena hanya vokal yang murni mono yang dihapus oleh proses ini. Anda mungkin juga kehilangan bass pada beberapa kejadian karena bass juga mono. Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah jika Anda akan mengisolasi vokal dari lagu yang bukan milik Anda, maka itu hanya untuk penggunaan pribadi Anda seperti karaoke  atau menggunakannya dalam video pribadi.

Cara Menghilangkan Vokal dari Lagu dengan Audacity


Cara Menghilangkan Vokal dari Lagu dengan Audacity

Ini adalah metode yang sangat mudah dan hemat waktu. Pastikan Anda menggunakan versi Audacity 2.2.0 atau yang lebih baru untuk metode ini. Ini dilakukan dengan menerapkan efek penghilang vokal pada file musik Anda dan ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti:


1. Buka Audacity pada PC Anda pergi ke File dan kemudian pilih Buka. Atau, Anda dapat menekan tombol pintas Ctrl + O .

2. Jelajahi file explorer dan cari file audio yang ingin Anda hapus vokalnya. Pilih satu atau lebih file audio darinya dan klik OK .

3. Tekan Space Bar untuk mendengarkan audio yang dimuat ke Audacity. Ini adalah praktik yang baik untuk menentukan not vokal dalam audio sebelum mengubahnya.

4. Setelah itu, pilih seluruh lagu dengan mengklik ruang kosong di sebelah kiri atau dengan menekan Ctrl + A .


5. Sekarang pergi ke Efek  dari menu atas dan pilih Vocal Remover dari daftar.


6. Setelah memilihnya, Anda akan memiliki pilihan untuk memilih antara Sederhana, Hapus  pita frekuensi dan Simpan pita frekuensi .

Kami akan merekomendasikan Anda untuk pilih  Simple tetapi Anda dapat melihat dulu semua opsi dan memilih yang sesuai dan tekan OK 

Catatan: Anda selalu dapat membatalkan / undo pengaturan dengan menekan Ctrl + Z 


7. Anda sekarang akan melihat perbedaan dalam bentuk gelombang dan mendengar audio tanpa vokal. Lanjutkan dan simpan audio dengan masuk ke File> Ekspor Audio .


Menggunakan metode ini kualitasnya mungkin tidak sebagus yang Anda harapkan seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Tidak mungkin untuk mengisolasi 100% vokal dari file audio. Tetapi Anda dapat mencoba beberapa metode alternatif yang diberikan di bawah ini untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Menghilangkan Vokal dari Lagu dengan Audacity : Dengan Memisahkan Trek Stereo di Audacity

Anda juga dapat melakukannya dengan memisahkan trek stereo untuk memecah saluran menjadi dua trek terpisah dan membalikkan salah satunya. Ini adalah metode yang sedikit rumit dan inilah cara Anda dapat melakukannya di Audacity.

1. Ulangi metode pertama yang sama sebelumnya untuk memuat file audio ke Audacity.

2. Pergi ke sisi kiri file dan klik panah drop-down di sebelah nama lagu. Pilih opsi “ Split Stereo Track ” dari daftar.

Anda akan memiliki dua trek terpisah yang akan diputar secara independen.

3. Pilih trek bawah dengan mengklik ruang kosong sebelah kiri. Anda akan tahu bahwa itu dipilih setelah trek bawah berubah warna.

4. Setelah itu pergi ke Effect dan pilih Invert , ini akan membalikkan track bawah.

5. Sekarang untuk masing-masing trek, klik pada panah drop-down dan pilih Mono . Ini akan merutekan kedua audio melalui satu saluran alih-alih dua saluran kiri dan kanan yang terpisah.

6. Terakhir, mainkan lagu untuk memastikan vokal Anda dihapus dan ekspor menggunakan metode yang sama yang disebutkan sebelumnya.

Pilihan lain
Jika Anda tidak puas dengan ini atau ingin mencoba opsi lain yang ada di luar sana maka cobalah alat online gratis Vocal Remover Pro yang didedikasikan untuk penghapusan vokal saja. Ini adalah alat sederhana tempat Anda dapat mengunggah file audio atau menempelkan tautan YouTube dan mengunduh yang dikonversi. Alat daring ini juga memiliki versi yang dapat diunduh yang didukung untuk OS Windows. Ini adalah perangkat lunak berbayar seperti perangkat lunak lainnya, yang dijual seharga $ 19,95. Mereka mengklaim bahwa ia memiliki kualitas suara yang superior daripada alat daring mereka dan juga memberikan langganan gratis satu bulan.

Sebagai gantinya, Anda juga dapat mencoba pendekatan praktis yang mengunduh aplikasi SingPlay di perangkat seluler Anda. Ini memungkinkan Anda mengubah semua lagu di perangkat Anda menjadi Karaoke. Ini tersedia untuk perangkat Android secara gratis .

Kesimpulan
Menurut pendapat kami, kedua metode memberikan hasil yang sama pada Audacity. Hasilnya mungkin berbeda untuk lagu yang berbeda, tetapi untuk beberapa lagu, tidak mungkin untuk menghapus vokal sepenuhnya. Salah satu metode atau lainnya, Anda akan berhasil menghapus vokal dari file audio Anda jika Anda mencobanya. Menggunakannya sebagai metode untuk membuat lagu Anda sendiri atau untuk video YouTube tidak akan sesuai atau sah dalam hal ini. Tetapi jika Anda ingin menggunakannya untuk keuntungan komersial, maka Anda harus meminta izin terlebih dahulu dari artis. Jika artikel ini membantu Anda, silakan sebutkan di bawah ini di komentar dan minta bimbingan apa pun jika diperlukan.

3xploi7 Team

0 Response to "Cara Menghilangkan Vokal dari Lagu dengan Audacity"

Posting Komentar

Tempat Diskusi

Iklan Atas Artikel

3xploi7 1

seo explanation, online courses on digital marketing, internet marketing classes online

3xploi7 2

Iklan Bawah Artikel

Stay toon disini ya karena artikel akan selalu di update.
Kunjungi Terus " 3xploi7 " untuk update menarik selanjutnya, Jangan sampai Terlewatkan.

voucher'
• Join Grup Team :
 — Facebook Grup ( 4.325 Anggota )
 — Line Square