PENGERTIAN PASAR: Jenis, Fungsi, Dan Menurut Para Ahli

Pasar adalah salah satu komponen dalam sebuah ekonomi yang sangat populer. Pengertian Pasar saat ini memang sangat besar. Karena adanya perkembangan ekonomi dan juga teknologi. Untuk anda yang penasaran dengan pengertian dari komponen dalam ekonomi ini, berikut ini adalah ulasannya.

Pengertian pasar secara umum


PENGERTIAN PASAR: Jenis, Fungsi, Dan Menurut Para Ahli

Sebelum kita membahas pengertian dari pasar secara lebih detail dari teori-teori pada ahli ekonomi, kita akan membahas terlebih dahulu pengertian dari pasar secara umum. Apa itu pengertian dari pasar secara umum? Berikut ini adalah ulasannya. 

Pengertian pasar secara umum didefinisikan sebagai tempat pertemuan dari 2 kelompok ekonomi. Kelompok ekonomi yang dimaksud disini adalah kelompok ekonomi berupa penjual dan juga pembeli. Ya, pasar adalah tempat bertemunya kelompok penjual dan juga kelompok pembeli. 

Hal inilah yang menyebabkan sebuah tempat yang digunakan untuk bertemu seorang penjual dan seorang pembeli seperti kios pribadi seperti kios jual pulsa, tempat COD tidak bisa disebut dengan pasar. Kios jual pulsa tidak bisa disebut dengan pasar secara sempit, tapi ia dapat disebut sebagai bagian dari sebuah pasar yang lebih luas. 

Selain memenuhi kriteria berupa tempat bertemunya dua kelompok ekonomi yaitu penjual dan juga pembeli. Sebuah tempat yang digunakan sebagai pertemuan ini tentu tidak serta menjadi sebuah pasar hanya dengan bertemu saja. Selain bertemu di tempat tersebut harus terjadi transaksi jual beli antara kedua kelompok tersebut. 

Dalam sebuah pasar harus adalah permintaan dan juga penawaran. Permintaan dan penawaran terjadi untuk produk baik itu berupa barang satu jasa. Jika hanya berkumpul tapi tidak ada deal atau bahkan tidak ada penawaran dan permintaan, maka perkumpulan tersebut hanya merupakan perkumpulan komunitas. 

Selain merupakan tempat pertemuan 2 kelompok dalam sebuah lingkungan ekonomi, dan terjadi penawaran dan permintaan serta transaksi. Sebuah pasar juga memiliki karakteristik berupa areanya yang tidak memiliki batas geografis. 

Artinya, sebuah pasar mungkin bisa berlokasi di suatu daerah, tapi bukan berarti mereka yang tinggal di daerah sekitar saja yang diperbolehkan untuk menggunakan pasar tersebut. Semua orang baik dari Sabang sampai Merauke bisa dan menjadi salah kelompok dalam pasar di daerah tersebut. 

Contohnya adalah pasar Beringharjo. Pasar ini merupakan salah satu pasar yang sangat besar. Lokasinya ada di Jogjakarta. Tapi pasar ini menjadi makin ramai dengan kunjungan wisatawan dari segala daerah yang datang ke Jogja untuk berwisata. Hal ini adalah hal yang membuktikan bahwa area geografis bukan hal yang menjadi pembatas sedari sebuah pasar. 

Pengertian pasar menurut ahli


Pengertian umum dari pasar yang disebutkan di atas memang lebih cenderung memberikan penjelasan mengenai pengertian pasar secara umum. Saat ini, pengertian dari pasar sudah menjadi lebih besar. Seperti yang disebutkan sebelumnya, karena pengaruh globalisasi dan juga teknologi, pengertian dari pasar menjadi makin luas. 


Lalu bagaimana pengertian dari pasar secara luas ini? Untuk anda yang penasaran kami akan memberikan informasi mengenai pengertian dari pasar yang lebih lengkap berdasarkan teori dari pada ahli berikut ini. 

Atep Adya Barata


Salah satu ahli yang memberikan perhatiannya pada dunia ekonomi terutama mengenai pasar adalah Atep Adya Barata. Menurut Atep , pengertian dari pasar memang tidak berbeda jauh dengan pengertian dari pasar secara umum seperti yang disebutkannya, hanya saja ia juga memiliki beberapa tambahan untuk membuat pengertian pasar lebih presisi. 

Menurutnya, pasar adalah sebuah tempat yang digunakan untuk berkumpul oleh para penjual dan calon pembeli. Jadi menurutnya, tidak selalu terjadi transaksi tapi ada minat dari pembeli sudah cukup untuk menyebut sebuah tempat menjadi pasar. 

Menurut Atep juga, pertemuan dari penjual dan juga calon pembeli tidak perlu selalu terjadi secara langsung tapi bisa juga terjadi secara tidak langsung. Hal inilah yang membuat pengertian dari pasar yang dikemukakan oleh Atep menjadi lebih luas. 

Saat ini melalui pasar online seperti e Commerce, para penjual dan juga calon pembeli tidak perlu bertemu secara langsung untuk menjalankan pertukaran barang atau jasa. Selain itu, menurut Atep, pertukaran juga bisa terjadi dengan bentuk apapun tidak melulu barang dengan uang atau jasa dengan uang, tapi bisa juga dengan barang lainnya. 

Dr. Winardi SE


Selain Atep, pendapat mengenai pengertian dari pasar juga dikemukakan oleh Dr. Winardi SE. Menurut Dr. Winardi SE, pasar adalah sebuah tempat yang ideal. Mengapa? Hal ini disebabkan karena pembeli dan penjual yang datang memiliki persamaan persepsi mengenai harga barang. 

Persamaan persepsi yang dimiliki oleh para penjual dan juga calon pembeli yang bertemu inilah yang memungkinkan terjadinya transaksi. Hal inilah yang menyebabkannya menyebut pasar sebagai tempat yang ideal.

Handri Ma’aruf


Nama ahli lainnya yang juga memberikan pendapat dan juga teorinya mengenai pengertian dari pasar adalah Handri Ma’aruf. Menurut Handri Ma’aruf, pasar juga merupakan sebuah tempat yang digunakan untuk pertemuan antara penjual dan juga pembeli.

Tempat pertemuan antara penjual dan juga pembeli ini nantinya akan menghasilkan sebuah interaksi permintaan dan penawaran antara pelaku pasar. Dengan adanya permintaan dan penasaran, maka akan terjadi juga kesepakatan harga dan akhirnya terjadi transaksi jual beli.

Kotler dan Amstrong


Selanjutnya adalah pengertian dari pasar menurut Kotler dan Amstrong. Menurut Kotler dan Amstrong, pasar bisa disebut pasar jika ada sejumlah pembeli aktual dan memiliki potensi untuk sebuah produk baik berupa barang atau jasa. 

Tentu saja orang yang datang ke pasar adalah orang yang membutuhkan sesuatu bukan? Hal inilah yang membuat mereka menjadi pembeli aktual atau pembeli potensial. Pembeli potensial ini bukan hanya menentukan apakah sebuah tempat bisa disebut sebagai sebuah pasar tapi juga merupakan faktor yang menentukan ukuran dari pasar tersebut. 

Makin banyak orang yang tergantung dengan keberadaan pasar tersebut, maka makin besar pasar tersebut. Jadi meskipun sebuah pasar memiliki ukuran yang luas tapi jika tidak ada yang datang untuk melakukan transaksi, maka pasar tersebut bisa disebut memiliki ukuran yang kecil. 

Simamora


Satu lagi pengertian pasar dari ahli, pengertian ini dari Simamora. Menurut Simamora, sebuah pasar adalah sebuah kumpulan orang. Orang-orang yang tergabung dalam kumpulan ini adalah orang-orang yang memiliki kebutuhan atau keinginan terhadap sesuatu. 


Selain memiliki kebutuhan dan keinginan terhadap sesuatu, kumpulan orang tersebut juga memiliki nilai kemampuan. Nilai kemampuan juga harus disertai dengan keinginan untuk membeli serta adanya kesempatan. Jika semua hal yang disebutkan di atas ada dalam sebuah kelompok orang, maka kelompok ini bisa disebut sebagai pasar. 

Ya, pasar tidak hanya berupa tempat tapi juga bisa digunakan untuk menyebut konsumen potensial. Seperti sebuah brand mereka akan menarget orang-orang tertentu sebagai pasar mereka. Ya, dalam konteks ini pasar adalah kumpulan dari konsumen yang mungkin tertarik dengan sebuah brand tertentu. 

William J. Stanton


Menurut William J. Stanton juga sebuah pasar adalah sebuah kumpulan orang yang memiliki keinginan untuk meraih kepuasan. Caranya adalah dengan menggunakan uang atau barang yang mereka miliki untuk belanja atau bertukar dengan barang lainnya yang ditawarkan oleh penjual.

Pengertian pasar berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)



Di atas sudah disebutkan mengenai pengertian yang dimiliki oleh pasar berdasarkan teori dan pendapat dari para ahli. Satu lagi pengertian yang akan kami berikan mengenai pasar, yaitu pengertian dari pasar menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia. 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sebuah pasar adalah sebuah kumpulan orang yang melakukan kegiatan transaksi. Transaksi yang dilakukan adalah transaksi jual beli yang dilakukan pada sebuah tempat. 

Tempat yang digunakan untuk melakukan transaksi ini adalah tempat yang khusus dibuat oleh sebuah organisasi atau kelompok orang tertentu. Tujuan dari pembuatan tempat ini adalah untuk mencari derma. 

Jadi jika dilihat dari pengertian berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia ini, sebuah pasar hanya akan bisa menjadi pasar jika :

  1. Ada organisasi atau kelompok orang yang ingin mendapatkan keuntungan
  2. Tempat dari pihak organisasi
  3. Adanya kumpulan orang yang berlaku sebagai pembeli dan penjual
  4. Serta adanya transaksi.

Pengertian pasar berdasarkan klasifikasinya


Sekarang kita akan membahas pengertian lain yang dimiliki oleh sebuah pasar. Pengertian ini adalah pengertian dari pasar berdasarkan dengan klasifikasinya. Berdasarkan klasifikasinya, pasar dibagi menjadi 2 jenis yaitu pasar tradisional dan juga pasar modern.

Pasar tradisional

Pengertian pasar tradisional adalah sebuah pasar yang menjadi tempat yang digunakan untuk pertemuan pembeli dan juga penjual. Di tempat tersebut terjadi proses jual beli secara langsung. Ya dalam pasar tradisional terjadi sebuah pertemuan langsung antara pihak pembeli dan juga penjual. 

Selain itu, di pasar tradisional konsumen tidak hanya bisa melakukan kegiatan membeli. Dalam proses pembelian di pasar tradisional anda akan mengenal sebuah proses berupa proses tawar menawar. 

Proses tawar menawar dibutuhkan karena dalam transaksi biasanya pihak penjual akan mencoba mendapatkan keuntungan sebesar yang ia inginkan. Namun pihak pembeli bisa melakukan penawaran karena persaingan di dalam pasar tradisional dapat dibilang cukup sengit. 

Jika harga yang ditawarkan oleh pihak pembeli masih masuk akal biasanya penjual di pasar tradisional yang mengutamakan pelanggan akan mempertimbangkan tawaran yang dilakukan oleh pembeli. 

Di dalam pasar tradisional ini setiap penjual memiliki warung yang nyata. Hal ini disebabkan karena pertemuan penjual dan pembeli juga terjadi secara langsung. Biasanya bangunan dari pasar akan berbentuk kios, los atau gerai. 

Biasanya barang yang dijual di pasar tradisional ini juga merupakan barang kebutuhan sehari-hari. Untuk menemukan jenis pasar ini sangat mudah, biasanya pasar ini bisa ditemukan di banyak daerah-daerah yang ada di Indonesia. 

Pasar modern


Selanjutnya adalah pasar modern. Pengertian pasar modern adalah sebuah tempat yang digunakan untuk bertemu penjual dengan pembeli. Pertemuan dari penjual dan pembeli ini akan menghasilkan sebuah transaksi yang dilakukan secara langsung. 

Memang tidak ada perbedaan yang cukup besar antara pasar tradisional dengan pasar modern mengenai aktivitas dan juga bentuknya. Hanya saja layanan yang terjadi di pasar modern memang cukup berbeda. Ketika mengunjungi pasar tradisional, anda hanya akan menemukan barang-barang yang memiliki harga yang pas. Jadi tidak ada proses tawar menawar.

Selain memiliki harga yang pas. Pasar modern juga merupakan pasar yang menggunakan layanan self service. Artinya para pembeli akan mengambil barang yang dibutuhkannya dan akan dibantu oleh pramuniaga. Barang yang dimiliki oleh pasar jenis ini juga lebih luas, selain memiliki jenis barang sehari-hari, jenis pasar ini juga memiliki beberapa jenis barang yang tahan lama. 

Pengertian pasar berdasarkan sifat dan waktu kegiatannya



Selain dilihat dari klasifikasinya, pengertian dari pasar juga bisa dibedakan berdasarkan dengan sifat dan juga waktu terjadinya kegiatan jual beli. Bagaimana pengertian pasar berdasarkan sifat dan waktunya ini? Berikut ini ulasannya. 

Pasar harian


Pengertian pasar harian adalah jenis pasar yang paling sering ditemui, jenis pasar ini adalah jenis pasar yang buka setiap hari. Di sini ada banyak jenis produk yang dimilikinya. Jenis pasar ini juga bisa ditemukan yang buka satu hari full dan ada juga yang hanya buka di pagi hari. Jenis-jenis pasar ini sangat mudah ditemukan di daerah-daerah. 

Selain itu jenis pasar harian saat ini juga bisa ditemukan di gadget nada. Bahkan anda bisa mengakses barang yang dijualnya di tengah malam. Ia adalah pasar digital atau yang sangat populer dengan nama e-commerce

Pasar mingguan


Jenis pasar selanjutnya adalah pasar mingguan. Seperti namanya, pasar ini hanya akan buka setiap Minggu sekali. Biasanya waktu bukanya akan sama setiap minggunya. Contohnya adalah Sunmor yang ada di daerah UGM. 

Sunmor adalah sebuah pasar yang buka setiap hari Minggu di pagi hari. Sasarannya adalah orang-orang yang menghabiskan waktu akhir pekan mereka bersama keluarga dengan aktivitas luar ruangan. 

Selain itu jenis pasar ini juga bisa ditemukan di banyak daerah di Jawa. Biasanya jenis-jenis pasar ini beroperasi pada hari tertentu sesuai dengan kalender Jawa. Misalnya seperti pasar kliwon dan lain-lainnya.

Pasar tahunan


Pengertian pasar tahunan adalah pasar yang diadakan setiap tahun. Jenis pasar ini adalah jenis pasar yang biasanya merupakan pasar modern. Artinya, ia memiliki karakteristik seperti pasar modern, dimana harganya pas, melakukan pelayanan terhadap diri sendiri dan juga dibantu oleh pramuniaga. Jenis pasar ini memang sangat jarang ditemukan. Untuk contohnya, jenis pasar tahunan ini contohnya adalah Pasar Raya Jakarta. 

Pasar temporer


Jenis pasar yang terakhir adalah pasar temporer. Apa itu pasar temporer? Seperti namanya, pasar ini adalah pasar yang diadakan di waktu yang tidak menentu. Misalnya bisa dilakukan beberapa bulan sekali atau bisa juga setahun sekali. Jenis pasar seperti ini adalah jenis pasar yang baru saja muncul belakangan ini contohnya adalah Hello Market Solo.

Pengertian pasar berdasarkan wujudnya



Untuk pengertian pasar berdasarkan wujudnya, ada 2 jenis yaitu pasar nyata dan juga pasar abstrak. Apa itu? Berikut ini adalah penjelasan dan juga contohnya. 

Pasar nyata


Pengertian pasar nyata adalah salah satu jenis pasar yang sangat mudah ditemukan. Ia bisa berupa pasar modern atau pasar tradisional. Jenis pasar ini hanya memiliki karakteristik berupa pasar yang memiliki bangunan dan juga lokasi yang jelas. Jenis pasar ini sering disebut dengan pasar konkret. Untuk contohnya, adalah seperti pasar kain Mayestik di Jakarta. 

Pasar abstrak


Lawan dari pasar nyata adalah pasar abstrak. Disebut pasar abstrak karena pada dasarnya pasar ini tidak memiliki bentuk yang jelas tapi terjadi sebuah transaksi di dalamnya, contoh dari jenis pasar abstrak ini adalah pasar modal dan juga pasar online.

Demikianlah pengertian pasar yang bisa kami berikan, semoga memberikan manfaat untuk anda. 

3xploi7 Team

0 Response to "PENGERTIAN PASAR: Jenis, Fungsi, Dan Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Kunjungi Terus " 3xploi7 " untuk update menarik selanjutnya

Simak Update Artikel menarik disini, Stay toon !! 3xploi7.com
Jangan sampai Terlewatkan.
• Join Grup Team :
— Facebook Grup ( 3.235 Anggota ) 
— Line Square 

• Insta Panel Followers :
— Instagram Panel

• Kerja Sampingan:
— Team.3xploi7.com