Cara Mendapatkan IPK Tinggi Supaya Lulus Cumlaude - 3xploi7 BuG

Cara Mendapatkan IPK Tinggi Supaya Lulus Cumlaude

Cara Mendapatkan IPK Tinggi Supaya Lulus Cumlaude - Buat kalian yang lagi kuliah, pasti gak asing dong sama IPK! Hmm siapa sih yang tidak ingin dapat IPK tinggi? Sebagai seorang naluri mahasiswa; IPK tinggi adalah sebuah prestasi awal gais. Kira-kira apa ya tricknya?

Nah kita harus tau dulu gais apa itu IPK, singkatnya IPK merupakan singkatan dari Indeks Prestasi Komulatif, nah yang komulasikan adalah Indeks Prestasi Semester (IPS) atau yang lebih dikenal sebagai IP.
Jadi IP itu adalah keseluruhan hasil nilai lo dalam satu semester, dalam skala 4, jadi IP tertinggi itu ya empat gais.

Nah adapun IPK adalah rata-rata dari keseluruhan IP kamu lo! Misal nih,
Semester 1, IP 3.4
Semester 2, IP 3.6
Semester 3, IP 3.2
Maka IPK kamu adalah: 3.4

Udah paham kan gais? Gak ribet2 amat kok!

Cara Mendapatkan IPK Tinggi Supaya Lulus Cumlaude

Nah gimana sih caranya biar dapat IP tinggi? Hmm.. sebelumnya kamu harus tau dlu gais, elu dapat IPK tinggi biar apa? Biasanya nih supaya menjadi lulusan terbaik atau Cumlaude.
Tapi gais dengar2 sih kalau disetiap kampus itu beda2 loh syarat Cumlaude. Contohnya di kampus aku, syarat Cumlaude adalah
1. IPK minimal 3.5
2. Tidak lebih dari 3 matkul yang nilainya C
3. Tidak ada yang mengulang

Jadi meski ada matkul yang dapet C, kalau masih 3, masih ada harapan Cumlaude tapi harus memenuhu syarat 1 dan 3 jg.

Jadi, kita sepakat ya kalau IPK tinggi itu adalah 3.5-4.00 ya gaes! Ada juga loh kudu 3.8 keatas baru Cumlaude, jadi tergantung kebijakan kampus masing-masing! Fyi kalau kamu bisa dapat IPK sempurna 4.00 itu namanya Summa Cumlaude gais.

Oke kita udah sepakat IPK tinggi itu minimal 3.5! Di kelasku nih gais hanya 13% loh mahasiswa dari keseluruhan yang punya IPK 3.5 di semester awal! Jadi emang gak segampang itu sih😂😂

Terus gimana sih caranya?
Cekitdot

Catatan!!! Ini adalah cara gua, dan setiap orang punya cara yang berbeda-beda, so gak usah ngebacot kalo lu udah lakuin terus lo gagal! Gagal coba lagi hwhwh

Lu kudu tau sistem penilaian dosen
Nah yang sering disepelekan mahasiswa nih adalah sistem penilaian dosen, mereka cenderung menyamaratakan dosen dalam memberi nilai, padahal setiap dosen beda-beda lo gais. Bersyukur lah kalian jika dengan ikhlas dosen secara sadar mau memberikan sistem penilaian mereka. Ini ngebantu banget lo buat kamu menyesuaikan kondisi, pernah gak sih dengar mahasiswa udah rajin kuliah dan baik tapi pas lihat portal/siakad kalah nilai dengan yang malas dan hampir gak pernah nongol? Ya ini karena sistem penilaian yang gak disadari si mahasiswa.

Hmm perbedaanya emang signifikan sih, poin sumber penilainya biasanya.
1. Ujian (UTS/UAS)
Nih gais biasanya persentasi tertinggi, ya kira2 dari 25-40 % lah, tergantung dosen
2. Tugas
Tugas tuh banyak banget jenisnya, ada paperless dan yang harus pake paper, bisa bentuk makalah, CBR, ppt, dll.
Biasanya: 10-20%
3. Kehadiran
Ini sih sedikit gais, sekitar 0-10%, tapi jangan sepele gais, meskipun kadang gak masuk penilaian tapi ada batasan jumlah absen lo, biasanya 3 kali absen, kalo lebih ya gak bisa ujian.
4. Kuis
Halah, ini mah hoki gais, tapi ini adalah batu loncatan juga, ada loh gais dosen yang liat kuis lo bagus tapi ujian lo cetek tapi elo dikasih nilai bagus soalnya dia yakin kamu bisa hanya saja pas ujian down. Hwhw
Ini sih kira 5-10%
5. Kreatif
Mahasiswa kudu kreatif gais, kreatif adalah kreak dan aktif, hwhwh
Emang sih gadak kepastian berapa bobot poin ini, tapi kudu aktif biar dosen kenal ama lo, yakinlah modal dikenal pasti ada hikmahnya😊😊
Kreak itu maksudnya asal ditanya, "ada pertanyaan?" Lu angkat tangan, abis itu bilang mau ke kamar mandi, nah itu kreak gais wkwk jangan sampe ya gais.
Aktif itu sering bertanya, menjawab, mengkritik dll.
6. Duduk di kursi depan
Ya ini gadak kepastian sih, dan gak enak juga, elu gak bisa TA awoakwoak
Ya kalau di depan terus tiba2 lu absen, wah dosen akan tau kalo elo sedang absen, soalnya mereka ampe muak liat muka lu terus😂
Tapi beneren ada ko poin plus duduk di depan, selain wajah kita gak asing, frekuensi materi yang disampaikan lebih cepat ditangkap telinga dan diproses ketimbang ditengah atau dibelakang.
Jadi kalau elu udah tau sumber penilaian dosen, maka elu tinggal meningkatkan pada bagian2 yang paling signifikan. Tapi jangan sepele dengan yang kecil2, tetap optimalkan dan jadi tambahan saja, tapi bukan prioritas.

Nah tips kalau dosen gak ngasih tau sistem penilaiannya, elu gak sendirian gais, lu punya kakak senior yang juga kreak, elu bisa tanya2 track record penilaian dosen kamu, ya pande2lah. Kekreakan mereka harus lu wasdapain ya gais wkwk..

Terus caranya gimana mengoptimalkan semua sumber penilaian diatas?

Kalo Ujian lu kudu bisa meramalkan poin yang mana dan jenis pertanyaan yang seperti apa yang akan keluar.
Misalnya
-Terminologi, lu harus paham semua terminologi yang keluar dari mulut dosen
-Substansi, ada dosen yang hanya tanya poin terpenting dari materi
-Pendapat, yang enak sih ini, lu bebas ngutarain pendapat sesuai instruksi soal.

Kisi-kisi biasanya dikasih tau kok sebelum ujian, bahkan ada dosen ngasih masa tenang yaitu matkulnya dikosongin sebelum ujian biar lu paham. Cari tau soal lama dari kaka kelas, mungkin mereka masih simpan, dan mungkin pertanayaan yang sama akan ditanyakan pas ujianmu. Pokoknya kamu harus pastiin nilai ujian kamu tinggi dan itu akan signifikan banget gais. Tapi jangan sampe curang ya!

Kalau tugas, usahain format tugas yang berikan harus bagus dan sesuai permintaan dosen, yakinlah dosen gak akan periksa semua tugas kalian, mereka hanya melihat sekilas, jadi sekilas itu hanya terlihat formatnya dan judul poin, maka dari itu jangan sampai tugas gak dikerjain, usahakan tuntas.

Kalo kuis sih masih mending, biasanya seminggu sebelum kuis sudah beritahu, ya lu tinggal belajar.

Absen, duduk di depan, aktif itu hanya penunjang, bukan patokan, jadi jangan berharap banyak, maka jangan heran kalo lo udah
-Rajin/Jarang absen
-Tugas kelar
-Kuis lancar
-Duduk didepan
-Presentasi selesai
-Ujian ikut

Eh pas liat portal/siakad dapat Diamond atau Emerald, itu artinya nalai ujian lo yang rendah! So harus ngulang, mampos lo bgst, awoakwoak
.
.
.bercanda lo gais
Semangat!!

Dan terakhir lo harus ingat:
"IPK tinggi bukan segalanya, kuliah bukan hanya untuk mendapatkan nilai, jadi jangan terlalu dipaksain, lu gak bisa, abis tuh bundir. Jangan tolo plis."

Wait; lu juga harus sadar
"IPK bukan segalanya, tapi segala sesuatu berhubungan dengan beasiswa baik lu masih S1, atau nanti S2, Fast Track, Double Degree, Exchange, Duta, atau bahkan instansi pekerjaan juga butuh IPK tinggi gais."

Sekian dari gua gais, GOOD LUCK!

3xploi7 Team

0 Response to "Cara Mendapatkan IPK Tinggi Supaya Lulus Cumlaude"

Posting Komentar

Tempat Diskusi

Iklan Atas Artikel

3xploi7 1

dedicated server indonesia , web hosting terbaik di indonesia

3xploi7 2

Iklan Bawah Artikel

Kunjungi Terus " 3xploi7 " untuk update menarik selanjutnya

Simak Update Artikel menarik disini, Stay toon !! 3xploi7.com
Jangan sampai Terlewatkan.

• Join Grup Team :

 — Facebook Grup ( 4.325 Anggota )
 — Line Square