Cerita Pengalaman Setelah Lulus Akademi Kepolisian

Cerita Pengalaman Setelah Lulus Akademi Kepolisian - Berhubung dengan Pendaftaran penerimaan anggota Polri telah dibuka,saya akan memberikan gambaran tentang bagaimana kehidupan setelah menjadi seorang anggota Polri.Tapi tunggu,kehidupan dari anggota polri yang akan saya ceritakan bukan kehidupan dari anggota Polri kebanyakan.

Mungkin banyak dari anggota group ini,bahkan dari kalangan masyarakat hanya mengenal polisi yang ada dan sering dilihat.Seperti Polantas,Sabhara,atau Polair.Tapi ada satu,Satuan Tempur Khusus yang dimiliki Polri,menjadi tulang punggung,dan menjadi garda terdepan Polri.Bahkan satuan ini yg mempelopori berdirinya Institusi besar Polri sendiri.Satuan ini adalah Brigade Mobil atau dikenal dengan naman BRIMOB.


(Untuk sejarah,perkembangan,serta rekam jejak satuan ini,prestasi,dll,bisa di googling sendiri.)
Ok,mari kita simak bagaimana kehidupan anti mainstream itu akan berjalan.

1.~Setelah para casis (calon siswa) polri terpilih,mereka akan diseleksi kembali mulai dari kesehatan,fisik,dan psikologi apakah mereka layak terpilih untuk masuk dalam Satuan Brimob.

2.~Setelah Terpilih,tentunya mereka akan melaksanakan pendidikan khusus di Pusat Pendidikan Brimob Watukosek yang bertempat di Pasuruan Jawa Timur.Pendidikan untuk Bintara akan ditempuh selama 7 bulan,sementara untuk Tamtama menempuh 4 bulan.

3.~Proses pendidikan sendiri akan jauh berbeda dengan pendidikan Polisi Tugas Umum lainnya.Di Pusdik brimob,tentunya para siswa akan digembleng habis-habisan.Kegiatan fisik yang luar biasa,serta padatnya waktu latihan akan memaksan tubuh dan mental para siswa hingga pada batas akhir.

4.~Setelah lulus dari Pusat Pendidikan,para Brimob muda akan menerima penempatan dinas mereka.Tidak ada yg akan menjamin bahwa lulusan Brimob akan kembali mengabdi di daerah asal pendaftaran mereka.Penempatan dinas ini krusial,kenapa begitu?Karena akan memberikan pengaruh besar terhadap hidup,dinas dan tugas nantinya.Penempatan dinas yang paling sering atau dengan rate tertinggi ialah Mako(Markas Komando) Korps Brimob Kelapa dua Depok,dan Satuan Brimob Polda Papua.
Penempatan telah diumumkan,dan kehidupan yang sebenarnya baru akan dimulai.

(TS akan mengambil sudut pandang kehidupan di Papua)

5.~Setelah sampai di Satuan Brimob Polda Papua,Brimob Muda lagi-lagi kembali di hadapkan dengan proses latihan.Ini disebut pembinaan tradisi,dan pengenalan lingkungan.Mereka akan hidup terisolali dalam Satuan,tidak boleh bepergian kemana-mana hingga masa latihan selesai.Porsi latihan pun meningkat melebihi latihan saat pendidikan.Semua materi dasar kembali diulang,dan ditambah materi lanjutan.Proses ini bisa memakan waktu hingga 5 bulan lamanya.

6.~Penugasan pun Tiba!
Dirasa siap untuk turun lapangan,para pasukan muda di serahkan ke masing-masing batalyon daerah untuk siap melaksanakan tugas.
Tidak ada alasan bagi Pasukan untuk menolak datangnya tugas.Para Brimob akan melaksanakan tugas di wilayah-wilayah "merah" dan terpencil papua dengan waktu yg bervariasi.Mulai dari 4 bulan,6 bulan,hingga 1 tahun.Mereka akan menjalani hidup di daerah terpencil,jauh dari keluarga,serta kewaspadaan yang tinggi.
Panggilan tugas juga sering datang diwaktu yang kadang tidak bisa ditentukan.Apabila di suatu wilayah papua terjadi pelanggaran Hukum berat,maka siap tidak siap,suka tidak suka,para pasukan akan diterjunkan ke daerah tersebut.Perlu di ingat bahwa,Satuan Brimob memang khusus untuk menangani suatu pelanggaran hukum berat,yang melibatkan masyarakat secara massive.

7.~Selesainya tugas,pasukan kembali ke kantor tempat asal dimana ia berdinas.Anggota yang kembali dari penugasan tidak diberikan jaminan bahwa akan bisa berkumpul bersama keluarga dengan waktu yang lama.Karena apabila tugas memanggil,mereka harus selalu siap.Bahkan,pakaian yang ada didalam ransel atau tas yang mereka gunakan tidak akan sempat lagi dikeularkan.Bagaimana mau dikeluarkan kalau setelah pulang tugas,esoknya mereka kembali berangkat melaksanakan tugas lain.

Catatan:Satuan Brimob Polda Papua saat ini saja membackup atau bertugas di 16 kabupaten berbeda di pedalaman Papua.Itu belum terhitung dengan daerah distrik yang lebih terpelosok.Banyaknya daerah yang membutuhkan peran Brimob berdampak pada intensnya pergerakan pasukan untuk melaksanakan tugas.
Banyak dari anggota brimob,yang harus menjalani masa-masa mudanya hanya di tempat tugas.

8.~Lalu,bagaiman caranya para pasukan Brimob menikmati hidup kalau seperti ini?
Mereka menikmati setiap detiknya saat mereka bertugas,mereka menerima dan melaksanakannya dengan ikhlas.Bahkan keluarga mereka pun juga ikhlas memberikan Putra-putranya kepada Bangsa.Mereka menikmati setiap pengorbanan mereka kepada Ibu Pertiwi.
Tulisan ini,saya sampaikan sebagai gambaran apa yg saya,dan banyak rekan saya jalani.Dan yang terpenting,cerita ini merupakan sisi lain,yang jauh dari banyak orang ketahui.

"Semoga ini menjadi suatu tantangan tersendiri bagi mereka para pemuda yang memiliki niat untuk mengabdi pada Negara.Dan ini,salah satu jalannya!"

3xploi7 Team

0 Response to "Cerita Pengalaman Setelah Lulus Akademi Kepolisian"

Posting Komentar

Tempat Diskusi

Iklan Atas Artikel

3xploi7 1

3xploi7 2

Iklan Bawah Artikel

Apabila tidak berhasil silahkan tanya di grup fb
Kunjungi Terus " 3xploi7 " untuk update menarik selanjutnya

Simak Update Artikel menarik disini, Stay toon !! 3xploi7.com
Jangan sampai Terlewatkan.
• Join Grup Team :
— Facebook Grup ( 3.235 Anggota ) 
— Line Square 

• Insta Panel Followers :
— Instagram Panel

• Kerja Sampingan:
— Team.3xploi7.com