Tips Sukses Merintis Usaha Cafe Baru Laris Manis - 3xploi7 BuG

Tips Sukses Merintis Usaha Cafe Baru Laris Manis

Tips Sukses Merintis Usaha Cafe Baru Laris Manis - Keberadaan cafe kini tidak lagi dipandang sebagai sebuah tempat untuk menikmati kopi, melainkan juga gaya hidup dan tempat bersosialisai. Mereka yang datang ke cafe bisa menghabiskan waktu berlama-lama untuk bersantai, mencicipi makanan, bahkan bekerja. Hal tersebut tentu menjadi peluang yang menarik bagi Anda untuk berpikir memulai usaha cafe.


Semakin hari akan semakin banyak orang yang menghabiskan waktu mereka di cafe dan Anda melihatnya sebagai sebuah prospek yang bagus. Tentu saja untuk memulai bisnis cafe membutuhkan banyak persiapan yang matang. Anda akan dihadapkan pada persaingan yang cukup ketat, sebagaimana ketika mencoba peruntungan di bisnis kuliner lainnya.

Memiliki kafe atau kedai kopi yang sukses kuncinya adalah perencanaan yang cermat dan cerdas.

Panduan ini akan membawa Anda melalui proses perencanaan untuk memulai sebuah kafe baru - dan langkah-langkah tepat yang diperlukan untuk membuka kafe. Jika Anda sudah menjadi pemilik kafe dan ingin meningkatkan bisnis Anda, Anda bisa juga membaca tulisan dibawah, yang akan membantu Anda mengubah strategi bisnis kafe Anda.

Tips Sukses Merintis Usaha Cafe Baru


Tips Sukses Merintis Usaha Cafe Baru Laris

1. PILIH LOKASI YANG TEPAT
 memilih lokasi yang tepat, anda harus kreatif melihat pasar dan mahir menentukan Segmentasi, Targeting & Positioning (STP) yang tepat, yang kita kenal dengan Strategi Pemasaran Modern, karena tidak ada satupun bisnis yang mampu memuaskan konsumen yang beraneka ragam (heterogen) dalam waktu yg bersamaan.

Dan persaingan sesungguhnya bukan terjadi di pasar atau di tempat / disekitar tempat usaha anda, tetapi persaingan sesungguhnya terjadi di OTAK konsumen. Konsumen puas mereka akan kembali ke cafe anda (loyal), dan melalui loyalitas konsumen, bisnis anda akan tumbuh.

 2. KONSEP YANG UNIK. 
cafe dengan konsep unik akan mudah dikenal dan mendatangkan banyak pengunjung setiap harinya. Anda bisa menerapkan konsep tersebut pada sebagian atau keseluruhan cafe Anda, misalnya menyesuaikan warna dan bentuk meja kursi di sana dengan berbagai peralatan makan yang akan Anda gunakan. Selain unik, konsep Anda juga harus bisa membuat pengunjung nyaman dan terasa betah di sana, sehingga mereka akan datang kembali di lain waktu.

3. PERALATAN YANG MEMADAI. 
Sebuah cafe harus memiliki sejumlah peralatan yang memadai, terutama dalam pengolahan berbagai makanan dan juga minuman di sana. cafe selalu identik dengan kopi, karena itu sangat penting bagi anda untuk memiliki berbagai peralatan yang memadai dalam pengolahan kopi tersebut. Tidak perlu mendatangkan berbagai mesin besar dan mahal, saat ini ada banyak mesin dan peralatan pengolahan kopi yang bisa didapatkan dengan mudah di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau.

4. CITA RASA YANG MENJUAL. 
Anda harus mempersiapkan atau melakukan berkali-kali percobaan untuk bisa menemukan racikan yang paling tepat dalam semua menu yang akan Anda jual nantinya. Orang akan sangat mengingat apa dan bagaimana rasa makanan yang mereka konsumsi. Jangan sungkan untuk bereksperimen di dapur demi berbagai racikan makanan dan minuman yang sempurna, bahkan meski cafe telah berjalan dengan lancar, Anda tetap harus selalu melakukan eksperimen ini.

5. PELAYANAN BERKUALITAS (SERVQUAL). 
Pastikan Anda mempekerjakan orang-orang yang ahli di bidangnya, yang memiliki etika yang baik dan mengerti dengan jelas apa saja tugas dan tanggung jawab mereka. Tim kerja ini akan sangat memengaruhi kesuksesan Anda di dalam bisnis. Sangat penting bagi Anda untuk memiliki sebuah tim terbaik dan bisa diandalkan di dalam bisnis tersebut. Perlakukan tim Anda dengan baik, sehingga mereka juga akan memberikan yang terbaik di dalam bisnis yang Anda jalankan.

6. BRANDING. 
Pemilihan nama yang tepat akan membantu Anda untuk bisa lebih mudah dalam memperkenalkan bisnis kepada khalayak ramai. Ini juga akan membuat orang lebih mudah familiar pada cafe Anda. Tidak perlu memilih sebuah nama yang tampak “luar biasa”.

Terkadang sebuah nama yang sederhana, mudah diingat dan unik akan jauh lebih baik. Pikirkan dengan baik nama yang akan digunakan pada cafe tersebut, sebab ini juga akan menjadi daya jual tersendiri bagi Anda di dalam bisnis cafe, yang Anda jalankan nanti.

7. FASILITAS PENDUKUNG. 
Saat mendatangi cafe, orang akan mengharapkan kenyamanan dan juga fasilitas lainnya yang membuat mereka betah berlama-lama di sana, pertimbangkan untuk memiliki fasilitas free wifi.

Anda juga bisa melengkapi cafe dengan perpustakaan mini menyediakan koleksi majalah & buku-buku pada bagian sudut cafe seperti buku sosial, politik, humaniora, agama & bacaan lain yang sesuai segmennya dan juga beberapa hal lainnya yang dianggap tepat. Lengkapi juga koleksi musik dengan berbagai genre yang tepat, yang bisa mendukung suasana di cafe.

8. PROMOSI YANG TEPAT & BERKESINAMBUNGAN. 
Setelah semua poin di atas, maka langkah promosi yang tepat akan menjadi hal pamungkas yang patut di lakukan dalam mendatangkan angka penjualan. Pilih dan gunakan sarana promosi yang paling tepat dan bisa membuat merek cafe Anda menjadi lebih dikenal dan banyak dikunjungi oleh orang-orang.

Tambahan untuk yang ingin kekinian: 

Kuncinya untuk sukses kafe kekinian ada dalam sebuah konsep
Dengan kompetisi yang tinggi dari sebelumnya untuk kafe sekarang, menjadi yang berbeda merupakan bagian dari kesuksesan. Kedai kopi modern perlu menjadi sesuatu yang lebih dari sekadar tempat untuk mendapatkan kopi panas untuk menarik perhatian pelanggan dan ada sejumlah cara untuk menambahkan sesuatu yang unik ke kafe Anda, berikut ini :

- Spesialisasi - Anda bisa menambahkan spesialisasi apakah itu dalam jenis minuman , seperti bar expresso, atau pengetahuan ahli tentang karakteristik berbagai jenis biji kopi yang anda punya untuk menjelaskan ke pelanggan secara langsung, itu akan memberikan kafe Anda spesialisasi akan memberikan konsumen alasan kembali.

- Tema - memilih tema untuk kafe Anda adalah faktor yang dapat membuat pelanggan merasa ditempat yang berbeda.

- Produk - konsep kafe Anda dapat didasarkan di sekitar produk yang Anda sajikan, misalnya, cupcakes vintage atau bahkan makanan ramah vegan.

- Dekorasi dan suasana - rasa gaya yang kuat kadang-kadang bisa cukup untuk menarik pelanggan - asalkan itu dijalankan dengan baik.

TIP: Sebagai permulaan, Anda dapat mempekerjakan orang paruh waktu (siswa, mahasiswa, dll) atau meminta teman dan anggota keluarga untuk menjadi sukarelawan selama beberapa minggu pertama. Jangan rekrut professional terlalu cepat. Luangkan waktu untuk memilih staf yang andal dan tepercaya. Tetapkan standar tinggi dan minta yang terbaik dari staf Anda dan ditempat kerja. Ini adalah situasi yang saling menguntungkan bagi Anda dan staf Anda jika semuanya berjalan dengan baik.


3xploi7 Team

0 Response to "Tips Sukses Merintis Usaha Cafe Baru Laris Manis"

Posting Komentar

Tempat Diskusi

Iklan Atas Artikel

3xploi7 1

seo explanation, online courses on digital marketing, internet marketing classes online

3xploi7 2

Iklan Bawah Artikel

Stay toon disini ya karena artikel akan selalu di update.
Kalau ada masalah silahkan gabung grup
Kunjungi Terus " 3xploi7 " untuk update menarik selanjutnya, Jangan sampai Terlewatkan.

• Join Grup Team :
 — Facebook Grup ( 5.325 Anggota )
 — Line Square