Fase Menstruasi dari Hari ke 1 Sampai Hari ke 28 - 3xploi7 BuG

Fase Menstruasi dari Hari ke 1 Sampai Hari ke 28

Fase Menstruasi dari Hari ke 1 Sampai Hari ke 28 - 4 fase menstruasi - grafik siklus menstruasi dan penjelasannya - Waktu terjadi nya peningkatan hormon reproduksi wanita di rahim, dan waktu pematangan sel telur di ovarium itu selaras waktuny gaes ..

Langsung aja ke Fase Menstruasi dari Hari ke 1 Sampai Hari ke 28

Pada hari ke 1 - 14. Di ovarium terjadi proses pematangan sel telur( terjadi proses MEIOSIS 1), sampai mencapai ovulasi. Setelah sel telur mengalami ovulasi Kemudian sel telur akan keluar dari tuba valopi lalu berjalan menyusuri oviduck menuju uterus sambil menunggu di buahi oleh sperma (oviduck adalah saluran menuju rahim, yg kaya akan nutrisi di sepanjang jalan) +- waktunya 7 hari sampai menuju uterus.nah di waktu 7 hari itu, di percaya adalah masa2 subur pada wanita :')
kenapa karena lingkungannya yg kaya akan glukosa dan nutrisi lainnya yg baik untuk kehidupan sel telur dan sperma. Jadi perkiraan ovum sampai di uterus itu pada hari ke 21.

Nahh di waktu yg sama di uterus, pada hari ke 1-14 tepatnya setelah menstruasi terjadi, hormon reproduksi seperti estrogen akan merangsang hormon FH (follicle hormon) di salurkan menuju hipothalamus untuk di proses untuk membentuk follicle2,


kemudian hipothalamus memerintahkan kelenjar pituitari untuk mengubah hormon FH tersebut menjadi FSH (Follicle Stimulating Hormon) yg nanti nya akan memicu endometrium uterus untuk melakukan proses proliferasi sel follicle di uterus . (Fungsi follicle adalah sebagai sediaan makanan embrio nantinya, apabila sel telur di buahi oleh sperma, jadi tugas nya FSH adalah menyediakan makanan untuk embrio nantinya)

Pada hari ke 14 - 28 sebenarnya sudah masuk ke dalam tahap akhir menstruasi (luteal phase) ,akan terbentuk corpus luteum yg menghasilkan sel2 reproduksi seperti progesteron.peran progesteron aktif untuk mengendalikan pertumbuhan follicle oleh FSH yg di hasilkan akibat rangsangan estrogen akibat dari hormon estrogen. LH yg terbentuk oleh adanya progesteron, prosesnya juga sama seperti estrogen menuju hipothalamus dulu kemudian pituitari kemudian menghasilkan LSH (Luteizing Stimulating Hormone).

(jadi progesteron tuh mengendalikam estrogen gaes agar tidak berlebihan keaktifannya, dan menghentikan proses proliferasi) Ketika follicle yg terbentuk sudah menuju puncak pada hari ke 21 - 28 ini, biasa nya di percaya bukan waktu yg tepat untuk pembuahan sel telur oleh sperma, karena di percaya akan menyebabkan kehamilan yg rentan karena kualitas sel telur yg sudah menurun akibat terlalu lama menunggu sperma untuk di buahi :')

Di hari ke 21 - 28 pula adalah fase PMS. (Pra Menstruasi) dimana kondisi emosi akan lebih sensitif Daripada sebelumnya akibat naiknya hormon progesteron. Dinding rahim akan semakin menebal pada puncak nya +- di hari ke 28 Dan setelah berakhirnya fase2 di atas.

Sel telur akan rusak apabila tidak di buahi, jika di buahi akan menuju proses pembelahan zigot dan siklus menstruasi di hentikan sementara ketika sel telur tidak di buahi. terjadilah pengulangan siklus menstruasi . Dan seterusnya..

Oh iya, siklus di atas bisa di katakan adalah MEIOSIS 2 selesai nya kalau di buahi sperma. Kalau tidak di buahi, berarti MEIOSIS 2 nya tidak selesai.

Sekian :) semoga bermanfaat.

3xploi7 Team

0 Response to "Fase Menstruasi dari Hari ke 1 Sampai Hari ke 28"

Posting Komentar

Tempat Diskusi

Iklan Atas Artikel

3xploi7 1

dedicated server indonesia , web hosting terbaik di indonesia

3xploi7 2

Iklan Bawah Artikel

Stay toon disini ya karena artikel akan selalu di update.
Kunjungi Terus " 3xploi7 " untuk update menarik selanjutnya..

Jangan sampai Terlewatkan.

Kalo ada masalah silahkan gabung Grup..

• Join Grup Team :

 — Facebook Grup ( 4.325 Anggota )
 — Line Square