Cara Mencari Topik Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis - 3xploi7 BuG

Cara Mencari Topik Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis

Cara Mencari Topik Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis - Sepertinya masalah klasik yg dihadapi kebanyakan mahasiswa semester akhir adalah skripsi, atau tesis. Terutama dlm hal mencari topik/judul. Ada beberapa cara yg bisa dilakukan utk mencari topik penelitian.

Cara yg paling umum dilakukan utk mencari topik riset adalah dgn membaca artikel-artikel jurnal ilmiah. Kita adaptasi riset tsb dgn menambah/mengganti 1-2 variabel pd kerangka konseptualnya. Bisa juga model yg sama kita teliti pd konteks yg berbeda. #skripsi

Bagi yg dosbingnya suka topik2 yg baru, cari artikel2 terbitan 2 tahun terakhir dari jurnal ilmiah internasional bereputasi. Semakin tinggi reputasi jurnal, semakin banyak topik2 baru yg ditawarkan di artikel2 terbitannya.

Semakin tinggi reputasi jurnal, semakin bagus teknik penulisan artikel sehingga kita sbg pembaca lebih mudah memahami artikel2 tsb & semakin terpercaya pula kualitas riset yg dimuat. Hindari jurnal2 yg tidak bereputasi! 

Artikel2 tsb bisa dicari di Google Scholar dgn memasukkan keyword topik penelitian + filter 2 tahun terakhir. Lalu, cek reputasi jurnalnya di situs Scimago. Bila nama jurnal terdaftar di situs tsb (apalagi berstatus Q1 atau Q2), artinya jurnal tsb bereputasi tinggi.

Sayangnya, jurnal2 berbahasa Indonesia - atau yg diterbitkan universitas di Indonesia - jarang sekali menawarkan topik2 baru. Maka, saya anjurkan utk mencari artikel2 dari jurnal internasional yg menyediakan topik2 baru jauh lebih banyak.

Cara lain yg bisa dilakukan utk mencari topik #skripsi adalah dgn mengkaji fenomena yg terjadi di masyarakat. Misal, mengapa Instagram users senang banget selfie? Apa fungsi selfie utk penguatan identitas diri?

Topik #skripsi yg diangkat dari fenomena sehari-hari biasanya punya kekuatan kekinian; jadi biasanya topik2nya akan selalu baru. Setelah fenomenanya ditemukan, baru mencari artikel2 jurnal yg relevan.

Saya sendiri lebih suka cara ini.

Setelah menemukan topik (baik dr artikel jurnal atau fenomena), kita perlu menyusun rumusan masalah atau pertanyaan penelitian. RuMas disajikan dlm kalimat tanya tunggal, jangan terlalu panjang spy mudah dipahami. 

 Kalau kita berencana menggunakan metpen kuantitatif, harus terlihat hubungan satu variabel bebas dan satu variabel terikat dalam satu pertanyaan rumusan masalah. Misal "apakah kepuasan pengguna berpengaruh pada loyalitas?

Terlepas dgn cara apa kita memilih topik, pastikan kita menulis apa yg kita sukai. Menulis #skripsi itu susah, jangan dipersulit dgn memilih topik yg tidak kita sukai. Kita harus nyaman dgn topik penelitian yg kita pilih.

kalo tips and trik buat lolos turnitin ?

IMO, pinter pinter parafrase sebuah kalimat aja. terutama kalimat kutipan.
cnth: "ada beberapa cara dalam mencari topik skripsi" menjadi "topik skripsi dapat dicari dengan beberapa cara"

Lihat juga :

Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Tambahkan komentar disini

Iklan Atas Artikel

3xploi7 1

3xploi7 2

Iklan Bawah Artikel

Stay toon disini ya karena artikel akan selalu di update.
Kalau ada masalah silahkan gabung grup
Kunjungi Terus " 3xploi7 " untuk update menarik selanjutnya, Jangan sampai Terlewatkan.
• Join Grup Team :
— Facebook Grup ( 5.325 Anggota )
— Jasa Kebutuhan Sosmed : Disini