Cara Kuliah di Jepang dengan Beasiswa Gratis - 3xploi7 BuG

Cara Kuliah di Jepang dengan Beasiswa Gratis

Cara Kuliah di Jepang dengan Beasiswa Gratis Menurut pengalamanku - halo teman-teman pada artikel kali ini aku mau membagikan sebuah cerita pengalamanku kepada kalian yaitu Bagaimana aku kuliah di Jepang dengan beasiswa gratis.

Banyak sekali orang-orang yang menanyakan kepadaku Bagaimana cara yang dilakukan supaya bisa mendapatkan kuliah gratis di luar negeri khususnya di Jepang titik karena banyak beberapa Apa informasi yang bikin bingung orang sehingga di sini aku mau berbagi secara menurut pengalaman aja.
Cara Kuliah di Jepang dengan Beasiswa Gratis

Sekolah di luar negeri itu memang kita harus Niat Dari awal dimana kita harus mencari banyak informasi yang dibutuhkan supaya kita bisa lebih banyak persiapan untuk di awal waktu.

Sebenarnya banyak cara yang bisa kalian dapatkan ketika kalian berniat untuk mengikuti atau belajar di luar negeri titik karena kita tahu belajar di luar negeri itu tidak seenak apa yang kita bayangkan disana jika kita harus pandai untuk mengatur waktu dan meningkatkan kemandirian kita titik karena di sana itu kita mencoba untuk hidup lebih produktif.

Lalu bagaimana cara yang bisa aku lakukan untuk mendapatkan beasiswa di Jepang tersebut berikut ini caranya

"Kak gimana sih bisa kuliah di Jepang pake beasiswa?"
"Kak emang harus pinter banget ya untuk kuliah di Jepang?"
"Kak aku gak tau mulai dari mana kuliah di jepang"

Ok, Jadi begini loh cara mendaftar kuliah S1, S3 dan S3 di Jepang dengan beasiswa..

Ada 2 cara untuk mendaftar beasiswa ke Jepang.
1. Daftar langsung ke penyedia beasiswanya. Nah ini kamu gak butuh Letter of Acceptance (LoA) ato bs nyusul. kamu cukup ikutin aja persyaratannya. Cth:  beasiswa MEXT Government (S1-S3) & INPEX (S2), Mitsui Bussan (S1)

2. Daftar ke universitasnya dulu. Kalau cara ini si pemberi beasiswa mengsyaratkan kamu harus diterima di universitas tujuan kamu yang ada di list pemberi beasiswa. Seperti beasisswa JICA (S2 & S3), MEXT (Univ. recommendation), ADB, & INPEX (nilai plus)
Daftar ke universitas Jepang

1. Untuk daftar S1 kamu bisa langsung daftar, buka universitasnya, langsung ke "menu admission", terus cari deh persyaratan untuk "undergraduate international students"


Terus apa aja yg harus disiapin kak?
Dokumen yang dibutuhin untuk S1 itu ada ijazah,rapor, surat rekomendasi, buat essay, sertifikat bahasa inggris (TOEFL/TOEIC/IELTS) atau sertifikat bahasa jepang minumum N3.

jadi kita diminta utk menghubungi calon supervisor kita dulu. Istilahnya PDKT sama professor dulu lewat email buat dapat approvalya

Trs cara tau dia professor yg pas sama kita gimana?
1. Kamu tentuin dulu mau kuliah S2/S3 di sana jurusan apa? dan topiknya apa?
2. Kalau udah tau, kamu hunting professor kamu di website univ yang kamu tuju dan baca semua jurnal2 professornya dan risetnya.
Oiya nnt kontak pake email yang bener ya, nama lengkap/nama beneran. ga boleh alay ya😅.

Sekarang kita bahas, nanti cara email professor yg bener kyk gimana
Cara email professor:
Paragraf 1: Perkenalkan diri kamu siapa, darimana (sebutin negara aja), kuliah dimana, jurusan apa, pengen daftar apa dan di univ mana

Paragraf 2: Jelasin kenapa km tertarik dg profnya? kshtau km udh baca jurnal profnya, kshtau topik yg cocok sama km
Lanjutan paragraf 2, kamu bisa tanya ke prof "Prof bisa gak ya aku gabung di research group prof? atau prof bersediakah jadi supervisor aku?"

Paragraf 3: Kamu kashtau funding kamu darimana, kshtaunya dg mention klo kmu mau daftar beasiswa XXX dan alasan kenapa kamu butuh approval

Approval dari prof tadi kita pake buat daftar ke kampus atau ke beasiswanya. Approval dari prof ini namanya Letter of Recommendation (LoR), kalau dari kampus tadi ya namanya Letter of Acceptance.

Nulis email nanti jangan lupa pake subject yg jelas, ga boleh typo jg.

Ada yang bingung? hehe klo bingung reply aja.

Lanjoot yaaa..
Nah terus nih kita udah megang approval dari professor (Oiyaaa ngirim email jangan satu aja ya, kalau bisa >50 dengan professor yg berbeda dan kampus yg berbeda, karena belum tentu dibales hehe,semangat!!!)

abis itu kita cek deh requirements kampusnya seperti apa.
Caranya sama kayak tadi, buka graduates admission di websitenya. Ohiya gambar di bawah ini udah masuk admission webiste univnya.

fyi:
Undergraduate: S1
Graduates: S2/S3
Umumnya persyaratan untuk S2/S3 itu:
1. Curriculum Vitae (CV) akademik, beda ya sama CV kerja
2. Paspor
3. Dua surat rekomendasi dari atasan kerja atau dosen
4. Transkrip nilai/Ijazah
5. Sertifikat bahasa
6. Dokumen lainnya: Essay, study plan dan proposal riset

Semua dokumen2 tadi itu harus berbahasa inggris, jadi pastiin dokumen kamu sudah dalam english version yaa!

Btw, sampai hari ini kamu sudah punya yg mana? atau kamu pengen lanjut studi kemana nih?

Oke sekian artikel mengenai cara kuliah di Jepang dengan beasiswa gratis Semoga dengan adanya artikel kali ini bisa membantu dan menambahkan informasi kepada kalian semua supaya mendapatkan informasi yang lebih cerah lagi. Apabila ada pertanyaan silakan komen di kolom komentar di bawah Sekian dan terima kasih
Lihat juga :

Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Tambahkan komentar disini

Iklan Atas Artikel

3xploi7 1

3xploi7 2

Iklan Bawah Artikel

Stay toon disini ya karena artikel akan selalu di update.
Kalau ada masalah silahkan gabung grup
Kunjungi Terus " 3xploi7 " untuk update menarik selanjutnya, Jangan sampai Terlewatkan.
• Join Grup Team :
— Facebook Grup ( 5.325 Anggota )
— Jasa Kebutuhan Sosmed : Disini