Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock Cuma Modal Foto - 3xploi7 BuG

Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock Cuma Modal Foto

Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock Cuma Modal Foto - Cara Agar Foto Diterima di Shutterstock & cara auto approve foto di shutterstock Langsung Pecah Telor - Sebelumnya, mungkin ada yang belum tau. Shutterstock adalah platform untuk pengguna mengunduh visual (foto, video, ilustrasi) secara berbayar.

Bentuknya adalah berlangganan bulanan atau tahunan. Siapa pelanggannya? banyak bgt, perusahaan, agency, dll yang punya kebutuhan akan stock visual.

Tempat saya kerja dari pertama hingga sekarang semua pakai jasa shutterstock untuk memenuhi kebutuhan visual, dan secara cost lebih murah (untuk foto/video) dibandingkan dengan assign orang untuk bikin foto/video tersebut (biasanya karna location wise).

Sebenarnya banyak juga platform lain, seperti gettyimage, dreamstime, dll. Cuma saya mau bahas spesifik Shutterstock karena udah praktek jadi contributor.
Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock Cuma Modal Foto
 soal shutterstock dan banyak temen2 yang bingung how to start jadi contributor. Saya mau share step by stepnya based on pengalaman pribadi ya. pls note this is not succesful story as contributor ya hehe (masih receh).

Jadi, selain platform untuk mengunduh kebutuhan visual para penggunanya, Shutterstock juga paltform untuk para creator atau biasa disebut contributor. Mereka ini yang memasok kebutuhan visual yang ada disana.

Gimana caranya jadi contributor shutterstock? gampang

Jadi gini guys.. Awal tahun kemarin, saya lagi seneng foto-foto karena punya lensa baru. Saya pake a6300 + Sony 35mm f1.8. Nah biar nggak rugi-rugi amat, saya mikir "bisa ga sih foto-foto doang dapet duit?"

Kalo nyari di google, banyak banget tuh caranya.

Mulai dari jadi fotografer profesional buat acara wedding, wisuda, dll (jual jasa), bisa juga sewain alat-alat kamera kaya kamera & lensa, tripod, flash, dll.
Nah ternyata, kita bisa jual hasil foto kita di website microstock.

Yang paling populer adalah shutterstock.

Enaknya main microstock gini adalah, karyamu selamanya ada di website tersebut & bisa dibeli orang. Selama websitenya nggak mati ya.

Kemarin ada temen cerita, dia udah upload foto lama banget tapi masih laku sampai sekarang. Duitnya lumayan bisa buat bayar server.

Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock Cuma Modal Foto

1. Klik link Disini
2. Kemudian pilih Get Started atau Sign Up atau Join Now
3. Isi nama, email & password
4. Tunggu beberapa menit, check email dari shutterstock
5. Klik verify di email shutterstock
6. Setelah redirect ke website ss, isi data diri lengkap sesuai KTP
7. Udah deh bisa upload foto/desain di situ.

-----

Cara Upload Foto yang Sesuai Standar 

1. Make sure pas motret pake RAW biar pas proses editingnya enak, atau paling enggak JPEG High Res.
2. Kalo mau upload sekali banyak bisa pake FTP (cek penjelasannya di bagian upload from FTP Shutterstock)

3. Foto blur dan noise sangat tinggi kemungkinannya untuk di reject sama tim kuratornya Shutterstock. Sebaiknya dihindari upload yang model begini.

4. bagian paling penting, setelah file foto di upload, kita harus isi beberapa fill, lumayan effort tapi ini ngaruh ke search form


untuk kolom usage, pilih commercial kalo foto ada orang/modelnya dan harus menyertakan model release (dikasih contoh jg sm shutterstock). Kalo ga ada? pasti di reject. tapi, bisa di approve kalo kalian pilih yang editorial. Tujuannya untuk membedakan penggunaan fotonya nanti.

5.Mengisi deskripsi (in english), sebisa mungkin deskripsikan isi dari foto tersebut, lebih bagus ada unsur 5W+1H untuk yang editorial, wajib menyertakan waktu foto dan lokasi. kalo males, bisa pake bantuan google, search lokasi foto, tinggal copy deskripsinya :p
6. setelah itu pilih 2 category yang paling relevan dengan foto kalian.

7. keywords. mirip hashtag di instagram, semakin relevan antara keywords dan foto, semakin besar foto kita akan muncul. contohnya foto saya yang Merbabu paling banyak di download diantara foto sy yang lain.

8. Done, uploading... tinggal tunggu foto2 kalian di review tim shutterstock. Nanti bakal dapet email kalo foto kalian either di approve atau enggak <- bisa di revisi. di email tsb jg dijelasin kenapa enggak di approve.

Tapi jualan foto nggak semudah itu juga, banyak syarat-syaratnya. Ga asal jepret terus upload & ada orang beli.

CARA AUTO APPROVE FOTO DI SHUTTERSTOCK

1. Hasil foto adalah jepretan sendiri, bukan nyolong punya orang lain.
2. Usahakan foto objek yang sifatnya umum, contoh : bunga, tanaman, secangkir kopi, hewan, kendaraan, buah-buahan, air terjun, pemandangan dll. Bersifat unik dan kreatif.
3. Hindari foto bangunan & wajah orang, karena itu membutuhkan perijinan yang lumayan ribet. Namanya property release dan model release.
4. Jangan pernah upload foto yang di dalamnya ada logo atau nama brand yang udah terkenal, pasti ditolak. Pernah foto hape ada logo Apple nya, ditolak. Solusinya : bisa diedit pake photoshop biar logonya hilang.
5. Size file foto harus di atas 4MB, dan resolusinya di atas 2000 x 2400 pixels.
6. Foto harus Fokus tanpa noise atau blur
7. Komposisi yang seimbang
8. Pencahayaan yang bagus
9. Foto bisa menggunakan kamera DSLR atau Kamera HP (Disarankan pakai kamera Iphone)
10. Isi deskripsi harus minimal 5 kata menggunakan bahasa inggris. Kalo bingung mau ngisi apa, bisa ditambah kata "image of". Contoh : image of delicious chicken noodle. Udah 5 kata kan?
11. Isi keyword sebanyak-banyaknya

CARA CEPAT PECAH TELOR DI SHUTTERSTOCK

1. Perbanyak portofolio, banyakin aja fotonya.
2. Foto harus bersifat umum, yang kira-kira dibutuhin banyak orang tapi mereka ngga ada. Jadi harus beli. (susah jelasinnya)
3. Kita dikasih insight sama SS untuk upload foto bertema sesuatu, bisa cek di sini =>

https://www.shutterstock.com/explore/the-shot-list
https://www.shutterstock.com/explore/the-shot-list-archive

TIPS TAMBAHAN MAIN SHUTTERSTOCK

- Beli photobox kecil/studio mini lipat buat foto benda-benda kecil, hasilnya jadi lebih bagus & cepet laku.
- Kalo gambar ditolak dengan alasan "foto kurang fokus", di awal kata tulis "blurry and noise". Contoh : blurry and noise, a cat with 5 kittens
- Usahain foto 1 objek tapi dari banyak sudut pandang, misal dari atas, bawah, kanan kiri, dll. Upload semuanya & bisa diapprove semua kok.

Baca-baca lagi tentang kisah sukses orang yang udah lebih dulu terjun di dunia microstock ini, gabung juga sama komunitasnya di FB & telegram.

Sekian Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock Cuma Modal Foto

Kunjungi terus " 3xploi7 " nantikan Update Terbaru
Jangan Sampai Ketinggalan ya
Lihat Juga :

Ada pertanyaan? Silahkan komentar

2 Responses to "Cara Mendapatkan Uang dari Shutterstock Cuma Modal Foto"

  1. Nice blog,I understood the topic very clearly,And want to study more like this.
    Data Scientist Course

    BalasHapus
  2. Thanks for sharing great information. I like your blog and highly recommend. We also offer best data science training in Hyderabaddata scientist courses

    BalasHapus

Tambahkan komentar disini

Iklan Atas Artikel

3xploi7.com

3xploi7.com

Iklan Bawah Artikel