Cara Menjadi Mahasiswa IT yang Bisa Bersaing Mengikuti Perkembangan Teknologi - 3xploi7 BuG

Cara Menjadi Mahasiswa IT yang Bisa Bersaing Mengikuti Perkembangan Teknologi

Cara Menjadi Mahasiswa IT yang Bisa Bersaing Mengikuti Perkembangan Teknologi - Sebelumnya kenalan dulu sama ak, si software engineer yang sudah dari 2015 belajar Programming. Saat SMA kelas 3 di tahun 2015, aku udah belajar bahasa SQL pake SQL Server selama kurleb 6 bulan, wah ngelotok itu ilmu CRUD, TRIGGER, PROCEDURE, VIEW, PRIMARY KEY, FOREIGN KEY.




Darimana aku belajar? Dari seorang Senior Backend Engineer, aku dibimbing sama dia. Wes tapi aku ngga manja, ngga dikit-dikit nanya, kalo stuck aku cari sendiri.




Sekarang aku usia 22 tahun (kemarin 1 januari ultah, ucapin y tolong hoho). Udah berkarir sebagai Lead Engineer, yeah pemimpinnya tim IT bagian manajerial. Shock tp Alhamdulillah juga karena dipercaya boss sendiri sbg lead engineer di usia muda gini.




Oke, sebelum lanjut, aku kasitau kenapa aku paham cara ngebuat anak IT bisa bersaing ngikutin perkembangan teknologi.



Cara Menjadi Mahasiswa IT yang Bisa Bersaing Mengikuti Perkembangan Teknologi


Berawal dari kesukaanku dibidang pendidikan (ngajar), aku diplot jadi staff pengajar di salah satu program kerjasama D2 ventura di fakultas teknik universitas ternama di Indonesia, kebetulan aku juga alumni disitu sih.

Nah setelah aku berkarir disana jadi staff pengajar, aku menemukan isu kenapa mahasiswa baru alias maba, susah banget belajar IT. Ni aku kasitau deh.




1. Mereka ngga tau harus mulai darimana.
Asli deh, maba tuh paling gampang dicekokin harapan, dicekokin hal-hal apapun, tergantung siapa yang cekokin dan apa tujuannya. Beruntungnya, maba yang aku cekokin ya hal-hal baik, semangat untuk bisa coding.




Nah maba itu suka ngga tau harus belajar programming darimana. Karena ketidak tahuannya, ditambah para maba banyak yang malas mencari tahu, ya udah deh, timbul penyakit malas dan masa bodoh. Ini jadi racun yang bikin maba ngga maju dibidang IT.





Padahal, maba itu momen yang paling tepat untuk ngebentuk logika dasar di IT, biar bener-bener ngelotok apa itu conditions, looping  variable, class, function serta object oriented programming! Kalo udah jago OOP, asli deh gampang banget pindah bahasa wkwkwk.

Nah cara ngatasinnya gimana? Biasanya tergantung siapa yang nolong, kalo saya sbg staff pengajar, ya saya arahin kemana mereka harus belajar, serta bidang kesukaannya. Bisa juga dengan cara bergabung dengan komunitas eksternal/kelompok studi mahasiswa di kampus.




2. Masih banyak yang demen main game.
Siapa sih yang ngga suka main game? Anjay gue aja dulu ketagihan main MMORPG, sekarang sih jujur aja ngga hehe, bosenan malah sm game. Nah maba ini masih banyak yang demen main game, padahal game itu tuh sebenernya RACUN.




Why? Lemme tell ya something, pas gue maba, gue demen tuh awalnya main mobile legend, wah bayangin aja kan di 2015 ML itu lagi hot-hotnya di awal ketenaran, gue berasa jadi pro player dota ahahahaha. Tapi perlahan gue sadar, ANJING INI WASTING TIME!




Asli deh, kalo kamu masih seneng main game, saya saranin perlahan coba bunuh rasa itu. Ganti logikamu dengan analogi sederhana

"Kalo gue main game ML 3 round anggap sekitar 90-180 menit, kalo waktu tsb gue investasikan buat belajar dan dikali hari gue main game...."
Bayangin 180 menit belajar x 30 hari main game? Pasti kamu bakalan jago asli, dulu aku juga seneng bgt main Perfect World Indonesia, ngabisin duit dan waktu. Sekarang gaji aku gede, main game CODM tiap ganti season auto beli battle pass. 😏

Ada harga yang dibayar mahal cuy hehe




Nah, racun main game ini masih suka susah dilewati para maba, mereka masih seneng main. Bukan berarti aku bilang jangan main game ya. Semua emang butuh hiburan kok, yang aku maksud adalah, alokasikan waktu buat main berapa, belajar berapa.




Mungkin diawal bgga main game bakalan berat banget, anggap aja kamu kuliah jam 8-3 sore, pakelah waktu buat belajar di kosan/rumah 2 jam sehari, belajar apa? Apapun tentang programming, yang penting dibiasakan dulu sisihin waktu.




Nanti lama kelamaan jadi biasa, bahkan aku main game sekarang jadi ngantuk asli, main football manager 2020 aja aku ngantuk baru main 1 jam wkwkwk sampe ketiduran juga pernah 😂
3. Mereka masih bingung mau ngambil apa di IT.

Anjir, IT tuh luas banget cuy, dulu tahun 1998-2005 mungkin IT cuma ngomongin ttg hardware dan software, semakin berkembang di 2010 big data mulai trend, mulai bermunculan job data analysis, data specialist dsbnya.




Di 2015 machine learning mulai masuk ke ranah IT, bahkan di 2017 Data scientist disebut sbg the sexiest job of the century.

Hal ini nandain, kamu ngga perlu takut, IT tuh luas banget, yang perlu kamu lakukan adalah NYOBA, dan keluar dari Zona Nyaman.




Maba banyak ngga tahu jadi apa, karena ngga tahu jadi apa, mereka juga ngga tau mau belajar apa, kembali ke masalah nomor 1.

Di IT saat ini, job dibagi sebagai berikut:
- Backend Development
- Frontend Development
- UI/UX
- Devops
- Networking
- Data Science
Sini tak jabarin.




Backend development, ilmu IT yang ngomongin tentang programming server side alias sisi server, ini mencakup database. Kalo mau ambil ini, wajib mengasah logic dan database. Karena mainannya sama data, dan bakalan ngurus banyak keluar masuknya data. Ibarat jembatan, ya ini backend




Ini spesialisasi saya, saya udah ngalamin ngerasain megang database startup saya sendiri yang jumlahnya > 25jt data. Merinding? ASLIII POL HAHAHA SERVER SAYA PERNAH DOWN BEBERAPA KALI, maklum saat itu saya bego. Sekarang? Belajar dari pengalaman lah. 😏🤭




Frontend development, ini ilmu yang ngomongin sisi depan berhubungan ama tampilan. Kalo dipecah jadi dua, frontend web, dan frontend mobile. Web ya mainan html css js, dan teknologi terbaru kaya react js, angular js, vue js. Sedangkan mobile ya native kaya android, objective-c.




Juga termasuk swift dan kotlin. Bisa juga pake teknologi lain kaya Flutter, react native, ionic untuk mobile.

"Bang bukannya frontend web cuma ngedesain html css js doang?"

Anjir kuno banget lo ahaha itunditahun 2005 kali
Sekarang developer dituntut makin jago, kalo cuma html css dan js doang mah UI Developer juga bisa wkwkw mereka malah bisa desain juga.




UI/UX, ini ilmu IT yang ngomongin tentang tampilan, wajib jago seni dah, ngga cocok sama pengguna otak kiri kaya saya wkwkwk. Kalo UI adalah ilmu tentang tampilan, sedangkan UX ilmu tentang behavior pengguna. UX lah yang menentukan apakah satu tombol di sisi kanan (cont)




Layak dibuat dan apakah tombol itu akan mempengaruhi behavior pengguna? Kalo iya lanjutin, kalo ngga jangan. Jadi kalo UI lebih ke teknis, UX lebih ke riset. Nah kalo UI designer maininannya nanti sama kawanan Adobe kaya adobe XD, terus juga kalo di mac pake Sketch.




Sedangkan kalo UI developer mainannya pake html css js, biasanya sih kantor nyarinya yg sepaket ui designer + ui developer, kecuali kantornya sultan wkwkwk.

Nah kalo UX research mainannya sama wireframe kaya balsamiq, dan ilmu teorinya harus oke.
Dev ops, ini job baru juga di IT, kerjaannya nyiapin environment server. Memastikan kalo programnya di server berjalan dengan baik. Kenapa gitu? Developer suka nakal, krn mentang-mentang environment di laptopnya beda sama di server, mereka suka bilang




"it works on my machine" alias "ya bodoamat ini jalan kok di gua", nah oleh karena itu ilmu ini ada biar developer ngga banyak bacot alasan lagi. Devops bakalan lebih bakalan sering main di server Linux. Windows server jarang sih, tinggal klik-klik soalnya hehehe




Untuk network aku ngga bahas ya, intinya lebih ke hardware dan network di sebuah compadny. Sisanya aku ngga bahas.




Data science? Nah ini sexy sih, biasanya mimpinya anak jurusan computer science nih pengen jadi data scientist, karena selain gajinya gede, wah peluang dan lapangan kerjanya banyak bgt coyyyy. Data science minimal dihargain 10juta. Bahkan level senior bisa > 30juta.




Tapi itu tergantung kemampuan perusahaan ya. Nah kalo mau jadi data scientist ya harus JAGO MATEMATIKA, itu wajib. Aljabar linear, regresi, matrix dan kawan-kawannya kudu paham bgt. Mainnya ntar pake bahasa Python, R, atau Matlab. 🤭
Nah 3 hal tadi udah aku jelasin, sekarang aku ngomongin masalah kenapa anak IT ngga bisa maju.

Sering banget dapet pertanyaan "bang, caranya biar jago gimana sih?"

Gampang pol jawabannya asli, cuma tiga kata.

"Jangan Malas Ngulik"




Ngulik atau dari KBBI yaitu ulik yang artinya nyelidiki, atau nyoba. Adalah sebuah kebiasaan yang harus dimilikin anak IT, yap biasain deh ngulik hal baru, misalnya hari ini baru bisa variable, besok ngulik condition, besoknya looping, terus tiap hari ngulik.




Banyak banget developer malas ngulik, nguliknya pas lagi kerja, pas diluar jam kerja? Wah males langsung, padahal itu SALAH BANGET, menurut saya.

Saya bisa sejauh ini karena apa? Di tahun 2018 saya cuti kuliah setahun, saya kerja full time.




Di kantor saya ngulik masalah kerjaan + ngerjain kerjaan, pas usai jam kantor? Saya ngulik masalah startup saya + ngerjain kerjaan startup saya. "Sabtu Minggu Liburan? Ngarep bgt lo cuk, belom jago aja gaya liburan. Ngulik!" Gitu kata aku dalam hati.




Sabtu Minggu adalah hari favorit aku buat belajar, satu bulan ada 8 hari weekend? 7 harinya aku pake belajar, 1 harinya refreshing lah, aku juga manusia ahahaha. Aku bagi jadi dua, di sabtu aku ngulik hal baru, di minggu aku ngulik tentang startup aku + lanjutin kerjain.
Startup aku apasih? Aku ngga mau buka ah wkwk sebagian mutual aku tau aku ini founder startup yang masih kecil, dah ya skip jangan ngomongin aku.

*Kegeeran*




Back to topic, perbanyak ngulik kamu di bidang yang kamu ambil, kalo kamu suka backend terus ngulik backend, caritau dan pelajari berbagai hal backend. Jangan pindah-pindah belajar ttg frontend, jangan gaya-gayaan mau jadi full-stack sedangkan satu bidang aja blm jago.


·

Full-stack developer tuh apa? Itu tuh developer yang bisa (inget bisa bukan jago) di berbagai bidang sekaligus kaya backend, frontend, devops, ui design. Tapi perlu kamu ketahui, mereka cuma bisa, bukan jago. Jagonya ya di spesialisasi dia aja.


·

Contoh, aku udah bisa nyebut diriku full-stack. Aku bisa ngoding html css js, react/vue js, flutter, react native, bikin UI design pake AI, XD, setting server ubuntu nginx, php 7.2, docker. Backend? Makanan sehari-hari aku itu mah wkwkwk


·

Nodejs, laravel, lumen, mysql, python  udah kenyang banget, apalagi REST API wkwkwk emang backend larinya pasti ke API Developer kok kwkwk.
---
Nah aku "bisa" banyak, tapi cuma bisa, bukan "jago". Kalo ditanya jago ya jelas paling jago backend diantara itu semua.
Oke belom selesai nih, masih ada lagi yang harus diperhatiin.

MOTIVASI, sumpah ini perlu banget sih.

Salah satu motivasi yang bikin aku selalu pengen hebat di programming adalah, aku butuh bahan jualan didepan wanita.




Logikanya gini, aku sadar aku ngga terlahir tampan, ya meskipun ak juga ngga jele-jele amat kok. Tapi intinya deketin wanita pun harus ada bahan jualan lah. Lahir bukan dari keluarga kaya raya, terus aku mau jualan apa? Kekayaan, ngga bisa. Tampang? Apalagi!




So that's all aku mukul diri sendiri untuk hebat di karir, at least kalo karirku bagus, otakku smart, muka masih bisa dipoles pake SK-II dan sejenisnya biar "terawat" lah. Jadi meskipun ngga cakep, tapi bersih.

Cewe pasti suka.




Lagian udah 2020 brow, cewe mah butuh yang karirnya oke, karena uang adalah hal realistis saat ini. Maka dari itu aku mukul diri sendiri biar bisa level up career dan knowledge, biar kalo deket cewe ada yang bisa dibanggain lah.

Masa mau deket cewe cakep tapi banyak kurang?
Gimana cewe mau yakan? Ahahahaha. Hal ini juga sering aku sampein ke mahasiswa (siswa loh bukan siswi) kalo mereka wajib yang namanya hard work untuk merubah diri. Sadar diri lah kasarnya, kalo ngga ganteng dan kaya, ya kerja keras cok biar merubah nasib!




Nah buat yang cewe-cewe, kalian juga wajib ninggiin motivasi kalian. Sekarang banyak banget developer wanita yang hebat-hebat, bahkan komunitas Woman Developer udah banyak. Engineer di instagram aja ada cewenya loh. Jadi jangan mau kalah sama cowo!




Intinya, jangan sia-siain perjuangan R.A Kartini lah cok! Malah jujur aku iri sama cewe, sekarang banyak investor yang punya gerakan mencari founder startup cewe buat dibiayain, karena mereka percaya, cewe sekalinya jago, jagonya ngalahin pria, asli aku juga percaya. Tau kenapa?




Cewe tuh telaten! Ngga kaya cowo sembrono, cewe lebih berhati-hati dalam bertindak. Makanya aku seneng banget kalo ngeliat cewe ngoding dan semangat, aku sendiri aja punya dua murid privat cewe keduanya, sama-sama bertalenta 😂





Tapi bukan berarti aku ngga ada murid cowo ya, dikampus tempat aku ngajar, buanyak murid cowokku, sebagian dari mereka mulai jadi web dev, sama mobile dev, mulai jago lah cok, padahal baru smstr 3

Nah, sini aku jelasin bedanya cewe sama cowo kalo lagi belajar IT.
Kalo cowok belajar IT ibaratnya kasihtau cara make senjata, kasitau petanya, kasitau targetnya. Gimana caranya mereka akan maju sendiri biar sampe target, tungguin aja, bisa lambat atau cepet tergantung dia sendiri.

Kalo cewe? Wkwkw jangan ngarep, maaf ya bukan ngatain nih.




Tapi berdasarkan pengalaman pribadi yang punya murid dari smp-kuliah, cewe paling susah dilepas kalo belajar programming. Kenapa? Kebanyakan mikir pake perasaan asli deh.

Contoh: kalo cowo stuck pas coding, dicari ampe mati yang penting bisa.




Cewe pas stuck? Awalnya nyoba-nyoba, msh stuck juga, perlahan mulai males... Abis males bodoamat, terus insecure "kenapa gue ngga bisa sih...."

Pas aku periksa ternyata kenapa tau ngga? Salah variable, salah looping, salah condition, salahnya masih sederhana padahal. 😂




Tapi ya itu yang ngebuat aku jadi semangat kalo punya murid cewe, yang satu murid cewekku udah mulai bisa ngoding mobile development pake kotlin, mahasiswi semester 3 loh! Sekarang dia kerja di kantor tempat aku kerja jadi part time junior dev, gajinya mayan bwt byr kosan hehe.
Otomatis jadi anggota tim aku yang dimana aku leadnya. Murid yang kedua mahasiswi smstr 1, memang belum jago sih, masih aku lunakkin hatinya biar rajin, maklum maba. Tapi bertalenta, satu kelas dia termasuk paling jago sebagai cewe.

Udah mulai belajar basic python, tapi...




Masih pemalas dan angot-angotan wkwkw emang harus sabar atuh jadi mentor dan punya murid cewe. Bener-bener harus dibibimbing dan diliatin.

Karena kalo dilepas, ujung-ujungnya ngga jalan. 😂😂😂




Pernah ngga punya murid cewe pemalas? Woh pernah, datang ke aku sedih, pengen belajar coding katanya, tp masih malas, udah aku ceramahin padahal kalo emang mau maju ya ngga boleh males.

Awalnya semangat, baru 3 minggu kemudian ngilang dan males.

Balik-balik chat aku.




Minta maaf sedih-sedih, tau aku apain? Aku tinggalin rek seriusan dah, udah aku luangin waktu buat nuntun kok malah ngga mau nurunin ego dan masih ngikutin kata hati, wes kurang ajar kalo kata wong jowo. Ngga pernah balik lagi dia, nyesel seumur hidup keknya woakeoakwoakw.




Sekarang aku bagiin roadmapnya nih, buat klean-klean yang pengen tau stepnya kemana.

Dimari :
github.com/kamranahmedse/developer-roadmap

Intinya adalah, jangan mimpi jadi developer kalau kamu pemalas, kerjanya rebahan terus, gampang nyerah, dan moody-an.

Kenapa? Teknologi berkembang sangst cepat brow, kalo kedokteran nemuin obat tahunan.




Lah kalo IT? Penemuan teknologi bahkan framework trending topicnya berganti tiap hari wkwkwk.

Bahkan kamu ngga tau aja framework javascript tiap hari ada aja yang baru. 😂😂😂😂




Opsinya cuma ada dua, kamu maju atau lari, kalo kamu stuck ditempat ya udah pasti ditinggal temen-temenmu yang semangatnya kaya saya.

Dulu juga pas saya belajar sering banget dikatain ansos lah, tukang coding lah. Sekarang? Banyak yang butuh sama saya wkwkwk.




Kalo nanya teknologi atau apa, ke saya, nanya apa apa tentang web, ke saya, bahkan temen-temen saya aja saya kasih lowongan kerjaan, sampe ada yang saya rekrut buat jadi anggota tim saya.




Bodoamat kata orang kamu dikatain kuper, pada akhirnya mereka yang akan butuh kamu kok xixixi.




Ohiya, saya juga kadang jadi konsultan para orang non IT yang lagi investasi di IT, beberapa jadi projek pribadi saya, beberapa jadi lowongan kerja buat mahasiswa saya, temanan sama saya ngga rugi kok, nanti saya kasih lowongan malahan xixixi.




Yang mau nanya-nanya ya bolee, yang mau mutualan juga boleh, saya auto folbek kok, saya ngga butuh jadi selebtwit tai anying, Mampir ya gan buat yang mau belajar backend ke medium saya.

Kunjungi terus " 3xploi7 " nantikan Update Terbaru
Jangan Sampai Ketinggalan ya
Lihat Juga :

Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Tambahkan komentar disini

Iklan Atas Artikel

3xploi7.com

3xploi7.com

Iklan Bawah Artikel