Tips Mengerjakan Soal TPS Agar Mendapat Nilai Tinggi - 3xploi7 BuG

Tips Mengerjakan Soal TPS Agar Mendapat Nilai Tinggi

Tips Mengerjakan Soal TPS Agar Mendapat Nilai Tinggi - Halo 3xploi7er, pada artikel kali ini kami akan memberikan sebuah Tips Mengerjakan Soal TPS Agar Mendapat Nilai Tinggi untuk kalian semua dalam hal UTBK

karena banyak yang request tipsnya yaudah deh. Mengingat bobot TPS di UTBK juga 60% jd ya emang harus dimaksimalin, SEMANGAT!!!


·

1. Penalaran Umum

Soal PU itu biasanya ngga jauh dari tabel, grafik, data2, angka dlm teks gitu ngga sih? So, membaca teks secara keseluruhan menurutku cuma buang2 waktu karena kita gabakal bisa inget sama isinya. Jadi mending FOKUS KE SOALNYA AJA, baru cari jawabannya di teks.


·

Kalo masih susah fokus, tulis aja data2 dan intinya di kertas, agak makan waktu sih tp lumayan worth it. Usahain jangan baca teks berulang kali, SELESAIN DULU SAMPAI SOAL HABIS. Nah, baru setelah itu dikoreksi lagi dari nomor 1. Pahamin lagi, masalahnya soal PU suka menjebak kan.


·

Terutama kalo ada kalimat yang mirip banget sama teks. Biasanya itu justru jebakan. So, harus berhati-hati. Kalo emang masih ngga yakin, boleh deh baca keseluruhan teks. Oh iya jangan lupa BACA BISMILLAH waktu klik jawaban.

Biar kita makin yakin dan diberi hasil yang terbaik.
Disini kalian emang harus teliti dan hati-hati, tapi ya JANGAN SAMPAI TERLENA. Lagi asik baca teks, eh tiba2 waktunya habis jd harus bisa manage waktu juga. Kalo sekiranya jawaban udah jelas salah, langsung fokus aja ke opsi yang kalian anggap benar biar ngga jd bingung.


·

2. Pemahaman Bacaan dan Tulisan

Oke, kalo di bagian ini emang kudu RAJIN BACA PUEBI sih. Jujur, aku belum pernah baca. Cuma sering baca buku, artikel, berita, gitu sih sama biasain nulis pake tanda baca dan kaidah yang benar. Besok2 deh kalo udh sempet baca PUEBI tak kabarin wkwk.


·

Selebihnya, masalah perbaikan kata cuma ngandelin perasaan aja. Kalo gini cocok ngga ya, gitu cocok ngga ya. Ya, kalo kalian sering membaca ini pasti mudah. Biasanya kalo ngerjain bagian ini waktunya sisa banyak. Nah, bisa tuh dimanfaatin buat MENELITI LAGI DARI AWAL.


·

Balik lagi, syaratnya HARUS SELESAI DULU. Jangan krn mikirin jawaban satu nomor, jd kehabisan waktu buat ngerjain soal lain yang bisa jd malah lebih mudah dan kalian bisa jawab dengan benar. Kan sayang banget :(
Kalian tulis aja nomor soal yang kalian ragu, jd ntar lsg balik kesitu.


·

3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum

Kalo yang ini kebanyakan cuma teks biasa ya. Jd bisa tuh kalian BACA KESELURUHAN TEKS, kalian pahamin bener2 apa intinya, ide pokok tiap paragrafnya, kalo berupa teks berita cari aja 5W+1H nya. Tp inget ya, jangan kelamaan. Baca cepat dengan tepat!
Oh iya buat kalian yang susah ngehafal kaya aku bisa juga td intinya tiap paragraf ditulis di kertas. Langsung aja ke soalnya, jawab aja semua soal seinget kamu. JANGAN BACA TEKS LAGI. Kerjain sampe soalnya habis. Baru deh balik lagi kalian boleh baca buat koreksi jawaban.


·

Untuk soal-soal kaya sinonim gitu, emang harus BANYAKIN BACA, karena emang ngga bisa dihafalin. Dengan banyak membaca, insyaAllah akan hafal dengan sendirinya. Kalo ketemu sama kosakata yang emang kita ngga tau, coba cari kata dasarnya, atau cari tau artinya dalam teks itu sendiri.


·

Atau kalo udah mentok ngga tau. Cobain opsi jawaban yang ada kalian pake untuk menggantikan kata itu pd teks. Balik lagi nih mainin feeling aja. Cocok yaudah, ngga cocok ganti. Kalo dalam bahasa Inggris cm ngeliat kalimat sesudah dalam sebelumnya aja buat patokan.


·

Kalo yang bahasa Inggris biasanya jawaban hampir mirip sm kalimat di teks sih. Tapi ya ngga semuanya gitu. Ada juga yang dibolak-balik. Ya kalo teks nya masih ringan coba dipahamin aja isinya. Kalo bahasanya udh mulai ribet, gamau deh wasting time. Mendingan buat ngereview lg yang bahasa Indo.

4. Pengetahuan Kuantitatif
Nah, ini bagian yang paling aku suka, basicly aku emang suka itung2 an, dan ngerasa aja di bagian ini jawabannya bisa lebih pasti gitu lho. Kuncinya cuma satu, BANYAKIN LATHAN SOAL. Karena, soal2 disini kadang tuh ngga butuh rumus cm butuh nalar aja.


·

Yakinin aja sama diri sendiri kalo SEMUA SOAL PASTI BISA DIKERJAKAN. Pahamin dulu maksud soalnya, temuin konsepnya, dah lsg eksekusi. Sekiranya malah jd panjang dan ribet. Udh tinggalin aja! Lanjut ke soal berikutnya. Karena kalo udh asik ngitung bs jd penasaran sampe lupa dunia.


·

Soal PK gabakal sesulit TKA Matematika. Jadi kalo sulit, berarti cara kalian yang salah. Browsing aja di google CARA CEPAT soal TPA yang buat kedinasan/CPNS gitu kan hampir sama. Bisa tuh buat referensi menghemat waktu, pikiran, dan tenaga hehe.


·

Kalo masih banyak jawaban yang kosong, kalian ISIIN AJA DULU PAKE JWBAN yang SAMA tnp melihat soal. Misal A semua, atau B semua. Karena peluang benar akan lebih besar kalo semisal nanti waktunya tiba2 habis. Nah, habis itu baru deh diitung bener2 dan diganti dengan jwban yang seharusnya.


·

Sekian nih tips dari aku. Maaf ya kalo berantakan, CMIIW. Semoga bermanfaat buat kalian dan insyaAllah tahun ini kita diterima di PTN/PTK/PTS yang diinginkan. Aamiin. SEMANGAT!!!

Kunjungi terus " 3xploi7 " nantikan Update Terbaru
Jangan Sampai Ketinggalan ya
Lihat Juga :

Ada pertanyaan? Silahkan komentar

Posting Komentar

Tambahkan komentar disini

Iklan Atas Artikel

3xploi7.com

3xploi7.com

Iklan Bawah Artikel


— SURVEY ONLINE DOLLAR Klik Disini
Sekarang kita pindah disini